PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

YUWONO, CAHYO (2017) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (323Kb)

    Abstract

    Minat belajar merupakan salah satu faktor penting dalam suatu pembelajaran yang memiliki pengaruh terhadap keberhasilan suatu pembelajaran. Berdasarkan data awal pelaksanaan pembelajaran Fisika di kelas XI MIA 1 SMA Negeri Banydono pada Tahun Ajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa siswa memiliki permasalahan dengan minat belajar yang rendah. Dengan rendahnya minat belajar juga berdampak pada kemampuan kognitif siswa yang juga rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut, yaitu dengan menerapkan model quantum learning dengan metode diskusi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Fisika kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017 kususnya pada materi usaha dan energy, 2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Fisika kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017 kususnya pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refeleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Sumber data pada penelitian ini berasal dari dokumen, informan dan observasi serta teknis tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model quantum learning dengan metode diskusi pada mata pelajaran Fisika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian aspek minat belajar siswa yang berada di angka 66,26 % pada pra siklus meningkat menjadi 72,31 % pada Siklus I dan kembali mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 80,12 %. 2) Penerapan model quantum learning dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran Fisika kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kelas dan siswa dengan nilai di atas KKM. Diperoleh data siswa yang tuntas dalam ulangan harian sebanyak 7 siswa saja atau 20,59 % dari keseluruhan siswa dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 65,88 pada pra siklus. Kemudian setelah tindakan Siklus I rata-rata kelasnya meningkat menjadi 68,38 dengan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 52,94 %. Hingga pada Siklus II kembali mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 79,85 dengan banyak siswa yang tuntas adalah 28 atau 82,35 %. Kata Kunci: quantum learning, diskusi, usaha dan energi, minat, kognitif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 23:35
    Last Modified: 11 Dec 2017 23:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37155

    Actions (login required)

    View Item