Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Penggunaan Bahan Ajar Brosur Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

PERDANASARI, AYU (2017) Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Penggunaan Bahan Ajar Brosur Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (808Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi melalui penggunaan bahan ajar brosur pada siswa kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur penelitian untuk masing-masing siklus meliputi empat kegiatan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 46 siswa. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, dan dokumen. Pengumpulan data untuk motivasi belajar siswa dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket, sedangkan pengumpulan data untuk hasil belajar dilakukan dengan teknik tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Indikator kinerja penelitian ditetapkan sebesar 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar brosur dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dari persentase rata-rata indikator motivasi belajar pada siklus I dari hasil angket sebesar 77,57% dan observasi sebesar 74,22%, sedangkan pada siklus II dari hasil angket sebesar 88,04% dan observasi sebesar 86,78%. Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat pada siklus I sebesar 57,78% dan pada siklus II sebesar 86,67%. Kata Kunci: motivasi belajar, bahan ajar, brosur

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 22:44
    Last Modified: 11 Dec 2017 22:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37140

    Actions (login required)

    View Item