PROSODI QIRĀ’AH SABʻAH PADA SURAT AL-FĀTICHAH: Kajian Fonetik Akustik

Fatimah, Artia Cindherukti (2017) PROSODI QIRĀ’AH SABʻAH PADA SURAT AL-FĀTICHAH: Kajian Fonetik Akustik. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1059Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji mengenai prosodi qirā’ah sabʻah pada Surat Al-Fātichah yang dibacakan oleh Syaikh Mishary Rashid Al-Afasy. Obyek material penelitian ini adalah bacaan Surat Al-Fātichah menggunakan varian qirā’ah sabʻah, sedangkan obyek formalnya adalah ciri prosodi yang meliputi frekuensi, intensitas, dan durasi yang didapatkan dari qirā’ah sabʻah pada Surat Al-Fātichah. Metode penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, dengan teknik dasar sadap, serta menggunakan teknik lanjutan simak bebas libat cakap dan catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode padan serta menggunakan aplikasi software Praat versi 6.0.21, dan metode penyajian hasil analisis menggunakan metode penyajian informal. Hasil dari penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa frekuensi tertinggi bacaan Surat Al-Fātichah oleh Syaikh Mishary Rashid Al-Afasy adalah ketika menggunakan qirā’ah Imam ʻĀshim dan frekuensi terendah ketika menggunakan qirā’ah Imam Chamzah. Intensitas dengan kelantangan tertinggi didapatkan ketika menggunakan qirā’ah Imam ʻĀshim dan intensitas dengan kelantangan terendah didapatkan ketika menggunakan qirā’ah Imam Abū ʻAmr. Adapun durasi terpanjang adalah ketika menggunakan qirā’ah Imam Nāfiʻ dan durasi terpendek ketika menggunakan qirā’ah Imam ʻĀshim. Kata kunci: Prosodi, Qirā’ah Sabʻah, Surat Al-Fātichah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 22:24
    Last Modified: 11 Dec 2017 22:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37132

    Actions (login required)

    View Item