PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PONGGOK (Studi Kasus di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten)

RAHMANTO, ARIF (2017) PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PONGGOK (Studi Kasus di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (307Kb)

    Abstract

    Obyek wisata Ponggok terletak di antara dua kota besar Solo dan Yogjakarta yang memiliki beberapa potensi wisata. Wisata air adalah salah satu yang potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu Peran perempuan dan masyarakat dalam pengembangan potensi wisata air tersebut sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi perempuan di Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes dalam mengembangkan potensi obyek wisata di Desa Ponggok, faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan potensi obyek wisata Ponggok di Kabupaten Klaten. Penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas datanya dengan triangulasi data. Analisa data menggunakan model analisa data tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling, yaitu Pengelola BUMDes bagian pengembangan pariwisata dan pemasaran pariwisata, Dinas Kebudayaan dan pariwisata,pedagang di sekitar obyek wisata Ponggok, beberapa pengunjung, dan masyarakat sekitar. Uji validitas data dengan triangulasi data, sedangkan analisa data menggunakan analisa interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1.wisata Umbul Ponggok menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Klaten. meliputi Umbul Ponggok, Umbul Ponggok Ciblon, Umbul Kapilaler, Umbul Besuki dan Umbul Sigedang, Pengembangan potensi obyek wisata Ponggok 2. Perencanaan pengembangan fasilitas dan sarana prasarana penunjang dalam swafoto di dalam air. Kerjasama dengan instansi pemerintah lain, swasta, dan masyarakat, pengembangan promosi dan pemasaran dengan booklet, potensi wisata Kabupaten Klaten, website, media sosial dan event kesenian. 3. Peran perempuan dalam meningkatkan sumber daya manusia meliputi pelatihan, dan pembinaan, pembuat regulasi pengembangan pariwisata dan fasilitator dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Klaten. Hambatan dalam pengembangan potensi wisata Ponggok masih kurangnya sumber daya manusia perempuan, kemampuan keuangan Desa yang belum fokus pada perencanaan satu obyek saja, lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Desa sangat minim untuk fasilitas umum dan masih sedkitnya sumber daya manusia yang berkompeten dalam pengembangan. 4. Faktor pendukung dalam upaya pengembangan wisata Ponggok yaitu potensi yang melimpah, akses baik, adanya dukungan dan inspirasi dari pemerintah desa berupa BUMDes, kesempatan membuka lapangan pekerjaan baru, adanya dukungan dari pihak swasta berupa Corporate Social Responsibility dari pihak swasta, lahan untuk obyek wisata ada, pengelola profesional, kepedulian masyarakat dan terbukanya lapangan pekerjaan. Kata kunci : BUMDes, Partisipasi perempuan, Pengembangan Wisata air,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 22:06
    Last Modified: 11 Dec 2017 22:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37127

    Actions (login required)

    View Item