ANALISIS RESPONS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RATRI, ANNISA WAHYU (2017) ANALISIS RESPONS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1032Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa menurut taksonomi SOLO pada materi persamaan garis lurus ditinjau dari aktivitas belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Colomadu pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Colomadu pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah 4 orang siswa kelas VIII F yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah wawancara berbasis tugas. Proses analisis data dalam penelitian ini mengikuti Model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi cenderung mencapai tingkat extended abstract, walaupun respons siswa pada tingkat relational masih kurang mantap. Kekurangmantapan respons siswa pada tingkat relational terkait dengan respons siswa dalam menganalisis, mengintegrasikan, dan menjelaskan hubungan antarkonsep yang terkadang mampu dilakukan dengan tepat, tetapi kadang tidak mampu dilakukan dengan tepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan. (2) Siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang cenderung sudah mencapai tingkat unistructural, walaupun respons siswa cenderung kurang mantap pada tingkat unistructural dan ada siswa yang mulai memperlihatkan responsnya pada tingkat multistructural. Pada tingkat unistructural, kekurangmantapan respons siswa berhubungan dengan respons siswa dalam menjalankan prosedur sederhana yang kurang tepat, walaupun respons dalam mengidentifikasi dan mendefinisikan konsep sudah tepat. Pada tingkat multistructural, sudah ada siswa yang menunjukkan respons yang tepat dalam mendaftar dan menghubungkan informasi yang diketahui untuk menjalankan prosedur, walaupun pada respons mengklasifikasikan contoh dan bukan contoh belum tepat. (3) Respons siswa dengan aktivitas belajar rendah tidak diketahui karena tidak ada siswa kelas VIII F yang memenuhi kategori siswa dengan aktivitas belajar rendah. Kata Kunci: respons, taksonomi SOLO, aktivitas belajar matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 21:21
    Last Modified: 11 Dec 2017 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37114

    Actions (login required)

    View Item