Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Hasil Percobaan Tentang Gaya Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (PTK pada siswa kelas IV SD Negeri I Tunggulsari Tahun Ajaran 2016/2017)

MAHARANI, ANNISA DEWA (2017) Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Hasil Percobaan Tentang Gaya Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (PTK pada siswa kelas IV SD Negeri I Tunggulsari Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (983Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proes pembelajaran dan keterampilan menyimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 33 siswa. Sumber data berasal dari guru kelas IV, data nilai keterampilan menyimpulkan pratindakan dan saat tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, portofolio, tes, dan dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini mendeskripsikan bahwa kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimpulkan meliputi hasil kenerja guru,efektivitas pembelajaran, aktivitas siswa, sikap siswa, dan hasil evaluasi siswa meningkat dari siklus I dan siklus II. Selain itu, nilai rata-rata keterampilan menyimpulkan siswa pada pratindakan adalah 61,21 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 18,18% siswa yang mencapai batas kentuntasan keterampilan menyimpulkan sebesar lebih dari atau sama dengan 84. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,03 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 78,78%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat 88,85 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 87,88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menyimpulkan pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, keterampilan menyimpulkan, kualitas proses pembelajaran Annisa Dewa Maharani. IMPROVING CONCLUSION SKILL ABOUT FORCE EXPERIMENT USING 5E LEARNING CYCLE MODEL. (Classroom action researches on the fourth grade students of state primary school of Tunggulsari I in the academic year 2016/2017). Minithesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2017. The purpose of this research is to improve the quality of learning process and conclusion skills through learning model of 5E Learning Cycle in fourth grade students of State Primary School of Tunggulsari I in the academic year 2016/2017. This research form is Classroom Action Research (CAR) and it was conducted in two cycles. Each cycle consist of four steps, they are planning, implementation, observation, and reflection. The research subject is the fourth grade students of State Primary School of Tunggulsari I in the academic year 2016/2017 consist of 33 students. The source of data came from teacher, data value of conclusion skills in precycles and data value of conclusion skills in two cycles. The data collecting technique used are observation, interview, portofolio, test, and document. The data validity used triangulation of resources and triangulation of technique. The data analysis technique was interactive analys model consisting of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. The result of classroom action researches describe that quality of learning process conclusion skill include result of teacher activity, learning effectiveness, students activity, students attitude, and result of students evaluation increase from cycle I and cycle II. The average value before action is 61,21 with a percentage of classical completeness is 18,18%. On the cycle I, the average value of student rising to 75,03 with a percentage of classical completeness is 78,78%. On the cycle II, the average value of student rising to 88,85 with a percentage od classical completeness is 87,88%. Based on the research result, it can be concluded that through 5E Learning Cycle model can improving the quality of learning process and conclusion skills through in the fourth grade students of State Primary School of Tunggulsari I in the academic year 2016/2017. Keywords: 5E Learning Cycle, conclusion skills, quality of learning process

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 21:05
    Last Modified: 11 Dec 2017 21:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37109

    Actions (login required)

    View Item