Sikap Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Mobile Banking Bank Tabungan Negara Cabang Solo Slamet Riyadi

Tunggadewi, Anindita Dhira (2017) Sikap Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Mobile Banking Bank Tabungan Negara Cabang Solo Slamet Riyadi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (228Kb)

    Abstract

    Mobile banking merupakan salah satu layanan sistem informasi dari pihak perbankan untuk menghasilkan informasi keuangan dan kegiatan transaksi online terkait pembayaran. Mobile Banking sangat penting bagi nasabah karena memudahkan dalam memperoleh informasi keuangan dan melakukan transaksi secara on-line, tanpa harus mengunjungi Bank setempat. Skripsi ini mendeskripsikan bagaimanakah sikap nasabah terhadap kualitas layanan mobile banking BTN yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan kepedulian pada Bank Tabungan Negara Cabang Solo Slamet Riyadi. Penelitian ini menggunakan metode observasi partisipan. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu hasil wawancara dengan beberapa orang yang mengerti dengan tema penelitian ini sehingga dapat memberikan informasi yang akurat. Kemudian data-data tersebut diolah dan dianalisa oleh penulis dengan tiga komponen pokok analisa, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sikap nasabah terhadap tangibles mobile banking Bank BTN adalah cukup baik, hal ini tunjukkan berupa cara mendapatkan dan mengaktifkan aplikasi mobile banking Bank BTN bahwa dengan memiliki tabungan BTN dengan dilengkapi fasilitas ATM, dan HP dengan sistem android dapat melakukan transaksi, simple dan real time. 2) Sikap nasabah terhadap keandalan (reliability) layanan mobile banking BTN adalah cukup puas. Indikator kehandalan ini yaitu berkaitan dengan kemudahan bertransaksi, pelayanan transaksi finansial maupun non finansial (pembayaran tagihan listrik, TV berlangganan, tagihan telkom dan pengisian pulsa), hal ini sesuai dengan harapan nasabah dalam menyediakan dan memberikan layanan yang terpercaya. 3) Sikap nasabah terhadap daya tanggap (responsiveness) layanan Mobile Banking BTN adalah cukup baik, bahwa pelayanannya Bank BTN sudah sangat bagus mulai dari awal pada saat menerima nasabah, pengurusan pengaktifan, sampai pun jika ada keluhan. 4) Sikap nasabah terhadap jaminan (assurance) layanan Mobile Banking BTN sangat baik. Assurance Bank BTN yaitu pelayanannya sangat sopan kepada nasabah dan dalam melayani nasabah sangat mendetail sehingga nasabah bisa mengerti dan paham. Customer service akan memberikan solusi dari masalah yang timbul. 5) Sikap nasabah terhadap kepedulian (empathy) layanan Mobile Banking BTN sudah baik, secara umum produk yaitu fitur-fitur mobile banking Bank BTN yang dijelaskan itu sudah sangat lengkap dan bisa dipahami dengan mudah. Keywords : Sikap Nasabah, Kualitas Layanan Mobile Banking, Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Kepedulian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 20:26
    Last Modified: 11 Dec 2017 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37101

    Actions (login required)

    View Item