TINDAK PIDANA PENDUDUKAN HUTAN SEBAGAI TAMAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF KRIMINOLOGI (Studi Kasus Di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi)

Shofwan, Anieq Nisrina (2017) TINDAK PIDANA PENDUDUKAN HUTAN SEBAGAI TAMAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF KRIMINOLOGI (Studi Kasus Di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1179Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab seorang melakukan tindak pidana pendudukan hutan dan untuk mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan guna mengatasi tindak pidana pendudukan hutan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar hutan oleh aparat penegak hukum dalam kasus ini khususnya pihak Satuan Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Alas Purwo. Permasalahan pendudukan hutan di kawasan Taman Nasional Alas Purwo merupakan permasalahan lama yang tidak segera terselesaikan yang lambat laun dapat mengakibatkan berkurangnya kawasan lindung dan mengganggu ekosistem alami yang telah ada di sekitar lokasi pendudukan hutan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian hukum menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian hukum dilakukan di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, khususnya Desa Grajagan dan Blok Patuk Pal 8 Resort Grajagan, dan Kantor Balai Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Jenis dan sumber data penelitian hukum meliputi data primer, data sekunder, dan data tersier. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang digunakan penulis terdapat tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa faktor masyarakat sekitar hutan melakukan tindak pidana pendudukan hutan adalah faktor pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan sosial budaya. Mengenai upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi tindak pidana pendudukan hutan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar hutan terdiri dari upaya preemtif, preventif, dan represif. Kata Kunci: Kriminologi, Tindak Pidana Pendudukan Hutan, Taman Nasional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 20:23
    Last Modified: 11 Dec 2017 20:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37100

    Actions (login required)

    View Item