PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE STRUKTURAL PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI I TANGEN, SRAGEN

Winardi, (2010) PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE STRUKTURAL PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI I TANGEN, SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1702Kb)

    Abstract

    Winardi, S840209131.2010. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Struktural pada Kelas XA SMA Negeri 1 Tangen, Sragen. Tahun Pelajaran 2009/2010. Tesis, Surakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk, 1) meningkatkan minat berbicara siswa., 2) meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode struktural tipebertukar pasangan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan melalui tiga siklus yaitu siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode struktural tipe bertukar pasangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2010 pada kelas XA SMA Negeri 1 Tangen. Data yang digunakan sebagai sumber bahan penelitian diperoleh dari, 1) informasi dari guru Bahasa Indonesia kelas X dan dari siswa kelas X A, 2) tempat dan berlangsungnya proses pembelajaran, 3) dokumen yang berupa Kurikulum, RPP dan buku penilaian. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data yaitu, 1) pengamatan, 2) wawancara, 3) kajian dokumen, 4) angket, 5) tes. Teknik yang digunakan untuk menguji validitas data adalah teknik trianggulasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator kinerja minimal nilai rata-rata minat siswa 65,00 atau 85% siswa memperoleh nilai 65,00 atau lebih. Prosedur penelitian meliputi, 1) perencanaan, 2) tindakan,3) observasi dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal nilai rerata siswa mencapai 51,35 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal mencapai 8,108%. Kemudian dilakukan tindakan siklus 1. Hasil tindakan pada siklus 1 nilai rerata siswa mencapai 55,00 , tingkat ketuntasan secara klasikal16,21%. Hasil tindakan pada siklus 2 nilai rerata mencapai 64,54, tingkat ketuntasan secara klasikal mencapai 62,16%, sedangkan pada siklus 3 nilai rerata 70,81 tingkat ketuntasan secara klasikal mencapai 100%. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dari siklus 1 hngga siklus 3 dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode struktural tipe bertukar pasangan dapat, 1) meningkatkan minat berbicara siswa, 2) meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X A SMA Negeri 1 Tangen, Sragen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 14 Jul 2013 17:12
    Last Modified: 14 Jul 2013 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3710

    Actions (login required)

    View Item