ANALISIS PENGARUH PERALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DARI PEMERINTAH PUSAT KEPADA PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS KOTA SURAKARTA)

YULIANTO, ANGGA DWI (2017) ANALISIS PENGARUH PERALIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DARI PEMERINTAH PUSAT KEPADA PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS KOTA SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (361Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Peralihan Pajak Bumi dan Bangunan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah atas Pendapatan Asli Daerah di Kota Surakarta dan untuk mengetahui tingkat kontibusi, tingkat efektivitas serta laju pertumbuhan Pajak Bumi dan Bangunan pasca Peralihan di Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Observasi merupakan metode dimana peneliti hanya mengamati dan tidak banyak melakukan kegiatan. Wawancara yang dilakukan penulis merupakan wawancara tidak terstruktur dimana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah disusun sistematik, lengkap dan terstruktur. Dan studi pustaka adalah pengumpulan data lewat penelaah kepustakaan. Temuan dari penelitian ini adalah Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pajak yang mempunyai kontribusi yang cukup signifikan dengan rata-rata kontribusi 14,9% pada tahun 2013 sampai 2016, terbukti dengan jumlah penerimaannya adalah penerimaan terbesar kedua dari tahun ke tahun di Pemerintah Kota Surakarta setelah BPHTB. Bahkan pada tahun 2014 jumlah penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan merupakan penerimaan pajak terbesar di Pemerintah Kota Surakarta dengan rata-rata penerimaan yaitu sebesar Rp 53.065.452.541,75. Kebijakan Peralihan Pajak Bumi dan Bangunan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah merupakan kebijakan yang tepat, terbukti dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta, kenaikan tersebut dapat mendorong keberhasilan pembangunan Kota Surakarta ke arah yang lebih baik untuk masa yang akan datang. Kata Kunci : Pajak Bumi dan Bangunan, Peralihan, dan Pendapatan Asli Daerah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 20:02
    Last Modified: 11 Dec 2017 20:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37095

    Actions (login required)

    View Item