Studi Pembelajaran Street Art Graffiti pada Komunitas Kentut Paus (KTPS) di Surakarta

Ajisaka, Andwi Prayudha Galang (2017) Studi Pembelajaran Street Art Graffiti pada Komunitas Kentut Paus (KTPS) di Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (749Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui latar belakang kehadiran Komunitas Kentut Paus dalam dunia street art graffiti di Surakarta. (2) Untuk mengetahui secara mendalam proses pembelajaran yang terjadi pada Komunitas Kentut Paus di Surakarta. (3) Untuk mengidentifikasi bentuk visualisasi karya street art graffiti yang telah dikerjakan oleh Komunitas Kentut Paus. Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini dilaksanakan selama 3 bulan. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, dokumentasi dan arsip, dengan menggunakan teknik tunggal terpancang. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan model analisis mengalir. Sesuai dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Kemunculan Komunitas Kentut Paus didasari oleh rasa cinta terhadap street art graffiti dan terus mengembangkan karya serta melakukan eksplorasi, sehingga mendorong Komunitas Kentut Paus ingin menjangkau tingkatan yang lebih tinggi dimana street art graffiti bukan sekedar menjadi hobi melainkan menjadi gaya hidup atau life style. (2) Proses pembelajaran yang terjadi tergolong pendidikan informal. Tahapan pembelajaran diawali saat terdapat anggota komunitas mengajukan untuk dilakukan proses pembelajaran tentang materi tertentu, sehingga pembelajaran yang terjadi bersifat individu, dimana proses pembelajaran di Komunitas Kentut Paus tidak memiliki rancangan tertulis dan mengkombinasikan beberapa model dan metode pembelajaran, serta materi pembelajaran yang bergantung pada permintaan materi yang diajukan oleh anggota komunitas. Sistem evaluasi yang digunakan secara langsung dan tidak tertulis, tidak seperti pada lembaga pendidikan formal, namun tetap mengarah pada hasil visual akhir karya street art graffiti yang dikerjakan. (3) Komunitas Kentut Paus mampu menghadirkan karya-karya sesuai dengan prinsip desain dan mengembangkan unsur rupa, perpaduan besar kecilnya garis dan bidang mampu ditampilkan dengan komposisi yang menarik, serta warna dan ruang semu yang menyatu dan harmoni, karya-karya tersebut merupakan hasil yang dikerjakan oleh Galang Nusantara (Kenthur), Nahil (OZK), Delta Fahri (Luky), Galang S.P. (GTRN), dan Suhendro (Endrow). Eksplorasi penggayaan font yang diterapkan mampu mewakili ekspresi dari wujud karya yang kebanyakan bersifat tegas dengan menampilkan point of interest, selain itu karya yang dikerjakan telah mendapatkan apresiasi yang positif dari masyarakat ataupun apresian. Kata kunci: pembelajaran, street art graffiti, Kentut Paus ABSTRACT Andwi Prayudha Galang Ajisaka. K3211004. LEARNING STUDIES OF STREET ART GRAFFITI ON KENTUT PAUS COMMUNITY IN SURAKARTA. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, May 2017. The purpose of this study is to (1) Know the background of the presence of Kentut Paus Community in the world of street art graffiti in Surakarta. (2) To know in depth the learning process that happened to Kentut Paus Community in Surakarta. (3) To identify the visualization of street art graffiti works that have been done by the Kentut Paus Community. This descriptive qualitative research was conducted for 3 months. Sources of data were obtained from informants, places and events, documentation and archives, using a single stuck technique. Data collection techniques used: observation, interviews, and document analysis. Validity of data is done by data triangulation technique and informant review. The data analysis used flow analysis model. In accordance with the results of the study, it can be concluded: (1) The emergence of Kentut Paus Crew is based on the love of street art graffiti and continues to develop the work and exploration, thus encouraging the Kentut Paus Community to reach higher levels where street art graffiti is not just a hobby but become a lifestyle. (2) The learning process that happened belong to informal education. Learning stage begins when there are community members propose to do the learning process about certain material, so that the learning that happened is individual, where process of learning in Kentut Paus Community does not have written design and combine some model and method of learning, and study material which depend on request of material submitted by community members. Evaluation system used directly and unwritten, unlike in formal education institutions, but still leads to the final visual results work street graffiti work done. (3) Kentut Paus Crew is able to present works in accordance with the principles of design and develop the elements of art, a great combination of small lines and fields capable of displaying compositions of interest, as well as the colors and unified false space and harmony, the works are the result of which is done by Galang Nusantara (Kenthur), Nahil (OZK), Delta Fahri (Luky), Galang S.P. (GTRN), and Suhendro (Endrow). The exploration of font styling applied can represent the expression of the most decisive work of the show by showing the point of interest, besides the work done has received positive appreciation from society or apresian. Keywords: learning, street art graffiti, Kentut Paus Community.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 19:39
    Last Modified: 11 Dec 2017 19:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37093

    Actions (login required)

    View Item