PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI BANYUANYAR II SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

NUGROHO, ALFIANTO (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI BANYUANYAR II SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (938Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada peserta didik kelas IV SD Negeri Banyuanyar II Surakarta tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Banyuanyar II Surakarta yang berjumlah 40 peserta didik terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik Pengumpulan Data adalah dengan Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan teknik Triangulasi Metode. Analisis Data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Prosedur penelitian berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada Pra Tindakan ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini dilihat dari pengamatan observer yang berjumlah 3 orang. Pada Pra Tindakan hasil belajar passing bawah bolavoli pada kategori Baik sebesar 17,5%, Cukup sebesar 20%, Kurang sebesar 32,5%, Kurang Sekali sebesar 30% dan jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 37,5% atau sebanyak 15 peserta didik. Pada Siklus I hasil belajar passing bawah bolavoli pada kategori Baik sebesar 32,5%, Cukup sebesar 27,5%, Kurang sebesar 25%, Kurang Sekali sebesar 15% dan jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 60% atau sebanyak 24 peserta didik. Sedangkan pada Siklus II hasil belajar passing bawah bolavoli pada kategori Baik Sekali sebesar 15%, Baik sebesar 30%, Cukup sebesar 37,5%, Kurang sebesar 17,5% dan jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 82,5% atau sebanyak 33 peserta didik. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan melakukan gerakan dalam materi pembelajaran passing bawah bolavoli dengan menggunakan metode NHT yang diukur melalui pengamatan telah mencapai persentase target akhir pencapaian sebesar 80%. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IV SD Negeri Banyuanyar II Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Hasil Belajar, Passing Bawah Bolavoli, Metode Number Head Together.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 19:01
    Last Modified: 11 Dec 2017 19:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37085

    Actions (login required)

    View Item