Kajian Stilistika dan Nilai Pendidikan Novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha

Dharmawan, Aldo Pradipta (2017) Kajian Stilistika dan Nilai Pendidikan Novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aldo Pradipta Dharmawan. K 1212003. KAJIAN STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL KELIR SLINDET KARYA KEDUNG DARMA ROMANSHA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan unsur pembangun novel Kelir Slindet; (2) bentuk-bentuk majas, dan citraan atau imaji; (3) nilai-nilai Pendidikan novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode content analysis atau analisis isi. Penelitian ini mendeskripsikan atau menggambarkan apa yang menjadi masalah, kemudian menganalisis dan menafsirkan data yang telah dikumpulkan. Metode content analysis atau analisis isi adalah metode yang digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Kelir Slindet karya Kedung Darma Romansha. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika yaitu mengkaji majas dan citraan dalam novel Kelir Slindet karya Kedung Darma Romansha, selain itu dikaji juga unsur pembangun novel dan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel tersebut. . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: dalam novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha memanfaatkan beberapa bentuk majas, citraan. Bentuk-bentuk yang tercakup dalam penelitian ini yaitu Majas atau gaya bahasa yang digunakan dalam novel Kelir Slindet cukup banyak. Majas-majas tersebut antara lain: majas personifikasi sebanyak 23 data; sarkasme 22; aliterasi 21; asosiasi 20; simbolik 16, repetisi 9; hiperbola 9; interupsi 8; koreksio 7; paradoks 6; metafora 6; resentia 6; klimaks 5; antithesis 5; epizeuksis 5; tautologi 5; elipsis 5; metonimia 5; alegori 5; paralelisme 4; oksimoron 4; antiklimaks 4; erotesis 4; ironi 4; epanalepsis 3; polisindeton 2; alusio 2; epitet 2; alusi 1; satire 1; anaphora 1; parabel 1. Majas yang paling dominan adalah majas personifikasi yaitu sebanyak 20% atau 23 data dari 317 data. Citraan yang digunakan dalam novel Kelir Slindet ada enam citraan. Citraan-citraan tersebut antara lain: (1) citraan penglihatan; (2) Citraan pendengaran; (3) Citraan penciuman; (4) Citraan perasaan; (5) Citraan gerak; dan (6) Citraan takil. Nilai Pendidikan yang terdapat dalam penelitian ini antara lain: (1) Nilai pendidikan agama; (2) Nilai pendidikan moral; (3) Nilai pendidikan social; dan (4) Nilai Pendidikan budaya. Kata Kunci: majas, intrinsik, citraan, stilistika, pendidikan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LT Textbooks
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 18:55
    Last Modified: 11 Dec 2017 18:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37083

    Actions (login required)

    View Item