IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AR-ROCHMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Prasetyo, Akhmad Alfan (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AR-ROCHMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (744Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Akhmad Alfan Prasetyo. K6412004.IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AR-ROCHMAN TAHUN AJARAN 2017/2018.Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai upaya membangun sikap toleransi pada siswa kelas VIII SMP IT Ar-Rochman; 2) Untuk mengetahui dampak dari implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai upaya membangun sikap toleransi pada siswa kelas VIII SMP IT Ar-Rochman; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai upaya membangun sikap toleransi pada siswa kelas VIII SMP IT Ar-Rochman. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) seebagai upaya untuk membangun sikap toleransi siswa, dilakukan dengan cara : a) Memberikan pemahaman pada siswa secara kognitif mengenai nilai-nilai Pancasila; b) Pemberian contoh kepada siswa; c) Mempraktekkan nilai-nilai Pancasila secara langsung; d) Melakukan pengawasan oleh guru. 2) Dampak implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai upaya membangun sikap toleransi belum memberikan dampak yang berarti terhadap sikap toleransi siswa. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai upaya membangun sikap toleransi pada sisswa : a) Faktor pendukung : (1) Kesesuaian materi PKn yang diajarkan; (2) Sarana dan prasaran di sekolah; (3) Dukungan dari guru lain; b) Faktor penghambat : (1) Faktor guru : (a) Guru terfokus pada penyelesaian materi; (b) Alat evaluasi yang digunakan belum mampu mengukur nilai siswa; (2) Faktor siswa : (a) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi; (b) Sikap mengabaikan terhadap mata pelajaran PKn. Kata kunci:Nilai-nilai Pancasila,Pendidikan Kewarganegaraan,Sikap Toleransi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 18:49
    Last Modified: 11 Dec 2017 18:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37080

    Actions (login required)

    View Item