Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Bermain Rounders Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas V MI Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018

F, Ahmad Ziauddin (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Bermain Rounders Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas V MI Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (644Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar bermain rounders menggunakan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V MI Negeri Sroyo Jaten Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V MI Negeri Sroyo Jaten Karanganyar yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 14 siswa putra dan 24 siswa putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Hasil penelitian pada prasiklus hanya 15 siswa yang tuntas (39,47%) dan 23 siswa tidak tuntas (60,52%). Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa yang telah tuntas sebanyak 21 siswa (55,26%) dan 17 siswa tidak tuntas (44,74%). Dengan perolehan rata-rata afektif (76,31%), kognitif (78,94%) dan psikomotor (42,10%). Pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa yang telah tuntas sebanyak 31 siswa (81,58%) dan 7 siswa tidak tuntas (18,42%). Dengan perolehan rata-rata afektif (97,36%), kognitif (78,94%) dan psikomotor (71,05%). Berdasarkan hasil analisis dari siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa : Penggunaan alat bantu sederhana dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar bermain rounders pada siswa kelas V MI Negeri Sroyo Jaten Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Bermain Rounders, Alat Bantu Pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2017 18:38
    Last Modified: 11 Dec 2017 18:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37076

    Actions (login required)

    View Item