UPAYA KASASI PENUNTUT UMUM ATAS DASAR PENGABAIAN HAL-HAL YANG MEMBERATKAN DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA PEMBAKARAN LAHAN UNTUK PERKEBUNAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1266 K/PID.SUS/2014)

, Marthin (2017) UPAYA KASASI PENUNTUT UMUM ATAS DASAR PENGABAIAN HAL-HAL YANG MEMBERATKAN DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA PEMBAKARAN LAHAN UNTUK PERKEBUNAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1266 K/PID.SUS/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (472Kb)

    Abstract

    Penulisan hukum ini bertujuan untuk mencari jawaban atas permasalahan, Pertama, apakah alasan Kasasi Penuntut Umum atas dasar pengabaian hal-hal yang memberatkan dalam perkara pembakaran lahan untuk perkebunan telah sesuai dengan Pasal 253 KUHAP. Kedua, apakah pertimbangan Mahkamah Agung mengabulkan sanksi pidana dan denda telah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Penulisan ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum primer terdiri dari perundang-undangan, dan putusan hakim. Adapun bahan hukum sekunder berupa semua publikasi tentang hukum yang bukan merupakan dokumen-dokumen resmi. Teknik pengumpulan bahan hukum adalah studi pustaka. Terkait teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme dengan menghubungkan premis mayor (aturan hukum) dengan premis minor (fakta hukum), sehingga dari kedua premis tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penulisan hukum menjelaskan bahwa, pertama alasan pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum atas dasar pengabaian hal-hal yang memberatkan dalam perkara pembakaran lahan untuk perkebunan telah sesuai dengan Pasal 253 KUHAP, alasan permohonan kasasi oleh Penuntut Umum karena Judex Factie telah keliru dalam menerapkan hukum, terutama hukum acara pidana yaitu kurang dalam mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan pada diri Terdakwa (onvoldoende gemotiveert). Kedua, Pertimbangan Mahkamah Agung mengabulkan sanksi pidana dan denda telah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci: Kasasi, Pengabaian hal-hal yang memberatkan, perkara pembakaran lahan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 11 Dec 2017 16:04
    Last Modified: 11 Dec 2017 16:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37055

    Actions (login required)

    View Item