Kesulitan Belajar Bahasa Mandarin Beserta Solusinya Pada Siswa Kelas 2 Program Internasional SD Kristen Kalam Kudus Surakarta

SARTIKA, CANDRA RENI (2017) Kesulitan Belajar Bahasa Mandarin Beserta Solusinya Pada Siswa Kelas 2 Program Internasional SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2083Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Candra Reni Sartika. 2017, Kesulitan Belajar Bahasa Mandarin Dan Solusinya Pada Siswa Kelas 2 Program Internasional SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Universitas Sebelas Maret DIII Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Surakarta. Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi pelajaran bahasa Mandarin di SDKKS sebagai mata pelajaran wajib di kelas Internasional maupun reguler. Sebagai mata pelajaran wajib, maka setiap siswa harus belajar bahasa Mandarin, selama penulis magang di SDKKKS penulis mengamati kesulitan-kesulitan yang dihadapi para siswa dalam belajar bahasa Mandarin, khususnya di kelas 2 Program Internasional. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa sajakah kesulitan belajar bahasa Mandarin di kelas 2 Program Internasional SDKKKS dan bagaimana solusi kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengatasi kesulitan belajar Bahasa Mandarin di kelas 2 Program Internasional SDKKKS yang sering dialami siswa kelas 2 Program Internasional SDKKKS. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa kelas 2 Program International SDKKKS yaitu, bagian mendengar sebanyak 54% siswa kesulitan membedakan shēngmǔ dan yùnmǔ. Pada bagian berbicara sebanyak 64% siswa mengalami kesulitan karena belum semua siswa paham menggunakan bahasa Mandarin dalam percakapan sehari-hari. Untuk bagian membaca sebanyak 64% siswa mengalami kesulitan karena keterbatasan jumlah kosakata yang siswa miliki. Sedangkan untuk bagian menulis sebanyak 60% kesulitan dialami karena siswa kesulitan memberi nada pada pinyin. Kemudian sebanyak 76% kesulitan siswa dalam bidang penerjemahan yaitu kosakata yang terbatas dan minimnya latihan menerjemah. Penulis memberikan beberapa saran solusi untuk tiap bagian pembelajaran bahasa Mandarin, seperti sering mendengarkan lagu berbahasa Mandarin, sering membaca teks pendek berbahasa Mandarin, dan lain-lain. Kata kunci : kesulitan belajar, siswa kelas 2 SDKKS, solusi 摘要 Candra Reni Sartik. 2017年。梭罗圣道小学二年级国际班的学生学习汉语所面对的困难以及解决建议。 三一一大学文化科学院中文专科。 圣道学校是一所注重汉语课的学校。本校从幼儿园至高中都开汉语课为学生的必修课。笔者在梭罗圣道学校二年级国际班实习时发现国际班的学生上汉语课遇到的一些困难。 本文分析了学生对听力、阅读、说话、词汇和翻译的困难。分析之后,笔者提供一些解决的建议。 笔者使用观察法、访谈、问卷以及书籍来收集资料。 本文分析结果显示了有54%学生分不清声母与韵母成为他们听力的困难。说话部分有64%学生因为日常生活中还不习惯用汉语说话,所以成为他们说话面对的困难。阅读部分有64%学生因为词汇量少成为他们学习汉语的困难。写字部分有60%学生认为拼音上填声调是他们写字部分面对的困难。翻译部分有76%学生认为因为很少做翻译练习,词量也少所以他们觉得这些是他们翻译面对的困难。由于学生面对的困难种种不同,笔者已经提供了一些解决的建议,比如经常听中文歌、阅读短文等等。 关键词 : 学习困难,小学二年级,解决方法

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 11 Dec 2017 14:35
    Last Modified: 11 Dec 2017 14:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37043

    Actions (login required)

    View Item