Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Pada Materi Floating and Sinking untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Utami, Menik Tri (2017) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Pada Materi Floating and Sinking untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (777Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi Floating and Sinking dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek data dalam penelitian ini adalah 16 anak kelompok B1 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains. Hasil pratindakan diperoleh persentase sebesar 31,25% mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu sebesar 56,25% dan meningkat lagi menjadi 87,5% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada materi Floating and Sinking dapat meningkatkan keterampilan prose sains pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan proses sains anak pada aspek mengamati, mengklasifikasi dan mengkomunikasi. Kata Kunci: keterampilan proses sains, Floating and Sinking, Student Teams Achievement Divisions ABSTRACT This research aims to improve the science process skills of guide Floating and Sinking with the implementation Student Teams Achievement Divisions in group B1 children at Kindergarten Aisyiyah Sumber III Surakarta. This research a classroom action research.The subject of the data in this study are 16 in group B1 children at Kindergarden Aisyiyah Sumber III Surakarta age. The data collection technique was carried out through observation, interview,performance test and documentation. Validation of quantitative using construct validity. Validation of qualitative data using source triangulation and triangulasi techniques. The data analysis technique used was Interactive analyses and comparative descriptive analysis. The results shows that there is an improvement of science process skills. Results on data before action Prior to the action acquired percentage 31,25% increased in the first cyde of 56,25% and increased again of 87,5%. Based on the results of the study it can be concluded that through the use of the implementasion student teams achievemnt divisions of guide floating and sinking can improve the science process skills in group B1 children at Kindergarden Aisyiyah Sumber III Surakarta in academic 2016/2017. The increase is evidence by improved the science process skills the childs in Observation, classificasion and comunnication. Keywords: Science process skills, Floating and Sinking, Student Teams Achievement Divisions.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 11 Dec 2017 13:25
    Last Modified: 11 Dec 2017 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37028

    Actions (login required)

    View Item