Pengembangan Modul Sejarah Pergerakan Organisasi Muhammadiyah Gorontalo Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa SMAN 1 Gorontalo

MALAE, ANDRIS K. (2017) Pengembangan Modul Sejarah Pergerakan Organisasi Muhammadiyah Gorontalo Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa SMAN 1 Gorontalo. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (964Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Andris K. Malae. 2017. Pengembangan Modul Sejarah Pergerakan Organisasi Muhammadiyah Gorontalo Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa SMA Negeri 1 Gorontalo. Tesis. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Warto. M.Hum, (II) Dr. Djono, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kondisi bahan ajar sejarah yang selama ini digunakan di SMAN 1 Gorontalo. (2) Mendeskripsikan pengembangan modul sejarah pergerakan organisasi Muhammadiyah Gorontalo. (3) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan modul sejarah pergerakan organisasi Muhammadiyah Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gorontalo selama tiga bulan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dengan sepuluh langkah penelitian, tetapi disederhanakan menjadi tiga langkah yaitu: tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap uji efektivitas. Hasil yang diperoleh yaitu: pada tahap studi pendahuluan dilakukan observasi dan wawancara terhadap guru sejarah, agar dapat mengetahui bagaimana penggunaan modul di SMAN 1 Gorontalo. Setelah itu dilakukanlah pencarian terhadap artikel, tesis, buku-buku, serta mengambil data dari sekolah, untuk memperoleh materi yang relevan dengan modul yang akan dikembangkan; (2) Pada tahap pengembangan meliputi: desain draf awal, validasi expert’s judgement, uji terbatas, revisi, dan uji coba luas. Pengembangan modul berdasarkan KI dan KD serta indikator dalam Kurikulum 2013; (3) Uji keefektifan dilakukan untuk mengetahui keberhasilan modul sejarah pergerakan organisasi Muhammadiyah Gorontalo dalam meningkatkan nasionalisme. Hasil yang diperoleh dari uji efektivitas nasinalisme siswa adalah pada uji T = 6,271 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05 maka Ho ditolak, sehingga rerata antara sebelum dan setelah perlakuan di kelas eksperimen, tidak sama. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan, terhadap penggunaan modul sejarah pergerakan organisasi Muhammadiyah Gorontalo. Untuk hasil dari uji efektivitas prestasi siswa diperoleh hasil uji F = 3,713 dengan taraf signifikansi 0,653 > 0,05 maka terdapat persamaan varian. Sedangkan pada hasil uji tt_hit 3,713 dengan taraf signifikansi 0,001< 0,05 maka Ho ditolak, sehingga rerata kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan tidak sama. Ada peningkatan positif dan signifikan pada kelas yang menggunakan modul sejarah pergerakan organisasi Muhammadiyah Gorontalo. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulankan bahwa modul yang dikembangkan memiliki ke efektifan jika digunakan dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Modul, Pembelajaran, Pergerakan Organisasi Muhammadiyah, Gorontalo, Nasionalisme Siswa.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 11 Dec 2017 13:22
    Last Modified: 11 Dec 2017 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37027

    Actions (login required)

    View Item