Pemanfaatan Media Digital oleh Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam Kegiatan Media Monitoring

NUGROHO, ALFIAN ARI (2017) Pemanfaatan Media Digital oleh Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam Kegiatan Media Monitoring. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (163Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Banyaknya perangkat digital dan adanya jaringan internet memberikan kemudahan bagi siapa saja dalam melakukan aktifitasnya. Tak terkecuali seorang Humas atau Public Relation baik dalam perusahaan swasta maupun pemerintah. Humas dalam instansi/perusahaan sangat memiliki peranan yang penting dalam kelangsungan kegiatannya. Karena Humas lah yang menjembatani antara hubungan instansi dengan pihak internal maupun eksternal. Hubungan yang diharapkan tentu saja adalah hubungan yang baik guna menjalin komunikasi dan memperluas relasi agar meraih citra yang positif dan memperoleh reputasi yang baik. Humas pemerintah memiliki perbedaan dengan humas di perusahaan swasta. Dimana letak perbedaan tersebut antara lain dalam melaksanakan tugas, pokok, dan fungsinya. Humas pemerintahan memiliki tugas untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai program, kebijakan dan kinerja pemerintah serta menindaklanjuti pengaduan publik. Sebagai contoh kompleksnya, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI). Kemkominfo RI memiliki peran dalam pengelolaan dan menyebarluaskan informasi/berita terkait pemerintahan serta layanan publik terutama dalam lingkup Kemkominfo RI. Terkhusus dalam memonitoring citra instansi melalui pengelolaan opini publik dan analisa berita di satuan kerja Biro Hubungan Masyarakat yang memanfaatkan media digital. Melalui kegiatan tersebut, Humas Kemkominfo RI dapat mengetahui dengan cepat seberapa jauh opini masyarakat terhadap Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang setiap hari dilakukan. Dengan kemajuan teknologi digital, sangat memudahkan pekerjaan Humas Kemkominfo RI dalam mencari atau menerima informasi maupun menyebarkan informasi terkait Kemkominfo RI dari media ke seluruh jajaran satuan kerja maupun pejabat Kemkominfo RI tanpa harus membuang waktu dan material yang berlebihan. Dalam melakukan pekerjaannya, Humas Kemkominfo RI menggunakan media digital berupa portal media online sebagai sumber informasi terkait opini publik untuk diolah guna menjadi bahan evaluasi serta membuat kebijakan untuk menanggapi pemberitaan yang didapat tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 11 Dec 2017 13:12
    Last Modified: 11 Dec 2017 13:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37024

    Actions (login required)

    View Item