PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Ekperimen pada Peserta Didik Kelas IV SD Se-Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2016/2017)

U, AHLIYAH ANIS YOGA (2017) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Ekperimen pada Peserta Didik Kelas IV SD Se-Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1339Kb)

    Abstract

    Abstract: This research is intended to find (1) the difference of writing descriptive text ability among the group of students who study with Mind Mapping method with a group of students who study with Direct method, (2) the difference of writing descriptive text ability among the group of students who have high learning motivation with a group of students who have low learning motivation, (3) the interaction between teaching method and learning motivation towards writing descriptive text ability. This research was a Quasi Experimental research method with factorial design 2x2. The population of this research is the whole student at 4th grade of elementary school at Colomadu district Karanganyar in the academic year 2016/2017. Sampling of the research was conducted by cluster random sampling. The selected samples are SD Negeri 3 Malangjiwan and SD Negeri 1 Tohudan. Writing descriptive ability data were collected by using test technique, and learning motivation data were collected by using non-test technique type questionnaire. Data were analyzed with Two Ways Anava with significance level 0,05. The result of 5 datas analysis are (1) there are difference in writing descriptive text among the group of students who study with Mind Mapping method with a group of students who study with Direct method (FA = 26, 31 > 4,01 = F0,05;1;59), (2) there are difference in writing descriptive text among the group of students who have high learning motivation with a group of students who have low learning motivation (FB = 17, 16 > 4,01 = F0,05;1;59), (3) there are no interaction between learning-teachin method and learning motivation towards writing descriptive text ability (FAB = 2,28 < 4,01 = F0,05;1;59). Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis deskripsi antara kelompok peserta didik yang diajar dengan metode Mind Mapping dengan kelompok peserta didik yang diajar dengan metode Langsung, (2) mengetahui perbedaan kemampuan menulis deskripsi antara kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) mengetahui interaksi metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Se-Kecamatan Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah SD Negeri 3 Malangjiwan dan SD Negeri 1 Tohudan. Teknik pengumpulan data kemampuan menulis deskripsi dilakukan dengan teknik tes dan motivasi belajar dilakukan dengan teknik nontes dalam bentuk angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisi Varians Dua Jalur (Two Ways Anava) dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan analisi 5 data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi antara peserta didik yang diajar dengan metode Mind Mapping dan peserta didik yang diajar dengan metode Langsung dengan nilai FA = 26, 31 > 4,01 = F0,05;1;59, (2) terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi antara peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah dengan nilai FB = 17,16 > 4,01 = F0,05;1;59, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi dengan nilai FAB = 2,28 < 4,01 = F0,05;1;59. Kata kunci: metode Mind Mapping, metode langsung, motivasi belajar, kemampuan menulis deskripsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 11 Dec 2017 13:07
    Last Modified: 11 Dec 2017 13:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37023

    Actions (login required)

    View Item