PENGARUH MOTIVASI VOLUNTEER PADA KEPUASAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN UNTUK MEGA-EVENT (Studi pada Volunteer Event Seni dan Musik Bertaraf Internasional Kota Surakarta Tahun 2016)

M, Putut Kholid (2017) PENGARUH MOTIVASI VOLUNTEER PADA KEPUASAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN UNTUK MEGA-EVENT (Studi pada Volunteer Event Seni dan Musik Bertaraf Internasional Kota Surakarta Tahun 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (231Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH MOTIVASI VOLUNTEER PADA KEPUASAN, SIKAP, DAN DUKUNGAN UNTUK MEGA-EVENT (Studi pada Volunteer Event Seni dan Musik Bertaraf Internasional Kota Surakarta Tahun 2016) PUTUT KHOLID MAWARDI NIM. F0213079 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi volunteer pada kepuasan volunteer, sikap volunteer, serta dukungan untuk mega- event. Objek penelitian pada Solo International Performing Art (SIPA), Indonesia International Mask Festival (IIMF), Solo City Jazz, dan Solo Menari 24 Jam. Variabel penelitian ini adalah empat dimensi motivasi volunteer yaitu altruisme, patriotisme, motivasi intrinsik, dan motivasi ekstrinsik serta variabel kepuasan volunteer, sikap volunteer menuju volunteering, sikap volunteer menuju tempat acara, dan dukungan untuk mega-event. Populasi penelitian ini adalah volunteer Solo International Performing Art (SIPA), Indonesia International Mask Festival (IIMF), Solo City Jazz, dan Solo Menari 24 Jam. Sampel penelitian ini adalah volunteer dari Solo International Performing Art (SIPA), Indonesia International Mask Festival (IIMF), Solo City Jazz, dan Solo Menari 24 Jam dengan jumlah 200 volunteer. Data diambil dengan menggunakan dengan teknik convenience sampling. Uji validitas dilakukan dengan metode confirmatory factor analysis (CFA) dan uji reliabilitas dilakukan dengan metode cronbach’s alpha dengan menggunakan software SPSS 23.0 serta uji hipotesis dilakukan dengan metode structural equation modeling (SEM) dengan menggunakan software AMOS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat altruisme, patriotisme, dan motivasi intrinsik memiliki efek positif pada kepuasan volunteer, namun motivasi ekstrinsik tidak memiliki efek positif pada kepuasan volunteer. Kepuasan memiliki efek positif pada sikap volunteer menuju volunteering, namun tidak memiliki efek positif pada sikap volunteer menuju tempat acara. Sikap volunteer menuju volunteering memiliki efek positif pada sikap volunteer menuju tempat acara serta dukungan untuk mega-event. Sikap volunteer menuju tempat acara tidak memiliki efek positif pada dukungan untuk mega-event. Kata Kunci: motivasi volunteer, kepuasan volunteer, sikap volunteer, dukungan untuk mega-event

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 11 Dec 2017 11:09
    Last Modified: 11 Dec 2017 11:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37001

    Actions (login required)

    View Item