PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP BOOK TAX GAP (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015)

Fahmi, Fajar Izza (2017) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP BOOK TAX GAP (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governace terhadap book tax gap. Mekanisme corporate governance yang digunakan adalah proporsi kepemilikan institusional, Dewan Komisaris Independen, komite audit dan kualitas audit. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari website perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 108 data laporan tahunan perusahaan pada tahun 2012 sampai dengan 2015 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas audit perpengaruh positif terhadap tax avoidance, kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh negatif sedangkan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Kata Kunci: corporate governance, dewan komisaris independen, komite audit, kualitas audit, tax avoidance, book tax gap.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 11 Dec 2017 10:20
    Last Modified: 11 Dec 2017 10:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36970

    Actions (login required)

    View Item