Desain Konservasi dan Efisiensi Energi pada Rumah Ramah Lingkungan sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung

Aripin, Mochamad Sahrul (2017) Desain Konservasi dan Efisiensi Energi pada Rumah Ramah Lingkungan sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (474Kb)

    Abstract

    Mochamad Sahrul Aripin. Desain Konservasi dan Efisiensi Energi pada Rumah Ramah Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan desain konservasi dan efisiensi energi pada rumah ramah lingkungan yang baik untuk mata kuliah konstruksi bangunan gedung. Luaran dari penelitian adalah berupa desain konservasi dan efisiensi energi pada rumah ramah lingkungan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikemukakan oleh Sugiyono yaitu model yang bersifat deskriptif pada level satu yang menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa sebuah desain rumah ramah lingkungan. Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran dalam bentuk desain rumah ramah lingkungan yang memenuhi kriteria baik, yaitu studi pendahuluan, tahap perancangan, validasi, revisi dan evaluasi. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi oleh ahli dan praktisi melalui FGD pada aspek kelayakan isi atau materi, produk yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil validasi oleh ahli Greenship pada aspek kelayakan Greenship Homes, produk yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil validasi oleh ahli materi pada aspek kelayakan isi atau materi, media yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran pada aspek kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil validasi oleh ahli media pada aspek kelayakan media, media yang telah dibuat termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil evaluasi yang dilakukan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa produk desain konservasi dan efisiensi energi pada rumah ramah lingkungan baik untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Greenship Homes, desain rumah, konservasi energi, konstruksi bangunan gedung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 11 Dec 2017 10:19
    Last Modified: 11 Dec 2017 10:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36969

    Actions (login required)

    View Item