ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA PADA ERA OTONOMI DAERAH (Studi Kasus di Desa Papahan dan Desa Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar)

Kurniawan, Mokhamad (2017) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA PADA ERA OTONOMI DAERAH (Studi Kasus di Desa Papahan dan Desa Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (652Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan Dana Desa berdasarkan proses perencanaan, pelaksanaan dan manfaat serta mengkaitkannya dengan implementasi Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik Analisis data menggunakan metode analisis rasio efektivitas yang dikeluarkan oleh Depdagri Kemendagri Nomor 690.900.327 tahun 1996 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat efektivitas penggunaan Dana Desa di Desa Papahan dan Desa Karangmojo sudah efektif dengan tingkat efektivitas 100%. Namun dalam implementasi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2016, Desa Karangmojo masih belum mengimplementasikan peraturan menteri tersebut dalam penggunaan Dana Desanya dikarenakan masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, sehingga pemahaman perangkat desa mengenai prioritas penggunaan Dana Desa masih belum maksimal. Rekomendasi dari penelitian ini adalah : 1) Peningkatan sosialisasi tentang adanya dana desa; 2) Peningkatan kerja sama dan koordinasi antara pemerintah desa dengan masyarakat desa; 3) Perlunya pendampingan dan sosialisasi tentang prioritas penggunaan dana desa dari pihak kecamatan kepada pihak pemerintah desa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 11 Dec 2017 10:16
    Last Modified: 11 Dec 2017 10:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36968

    Actions (login required)

    View Item