IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 8 SURAKARTA DAN SMP NEGERI 1 MIRI TAHUN 2017

Solihah, Luluk (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 8 SURAKARTA DAN SMP NEGERI 1 MIRI TAHUN 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (846Kb)

    Abstract

    Luluk Solihah. K5413041. IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 8 SURAKARTA DAN SMP NEGERI 1 MIRI TAHUN 2017. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. September, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan kegiatan pengelolaan lingkungan berbasis partisipatif dalam pengelolaan lingkungan sekolah di SMP Negeri 8 Surakarta dan SMP Negeri 1 Miri tahun 2017; (2) mengetahui pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan dalam pengelolaan lingkungan sekolah di SMP Negeri 8 Surakarta dan SMP Negeri 1 Miri tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga sekolah di SMP Negeri 8 Surakata dan SMP Negeri 1 Miri dengan teknik pengambilan sampel Stratified proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan ekologi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan angket untuk data kegiatan pengelolaan lingkungan bersifat partisipatif dan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk data kurikulum berbasis lingkungan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik pengskoran untuk menentukan tingkat pelaksanaan implementasi program Adiwiyata. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini : 1) Pelaksanaan kegiatan pengelolaan lingkungan berbasis partisipatif di SMP Negeri 8 Surakarta dan SMP Negeri 1 Miri dilihat dari guru termasuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 81,8 dan 80,6. Kemudian pelaksanaan kegiatan pengelolaan lingkungan berbasis partisipatif di SMP Negeri 8 Surakarta dan SMP Negeri 8 Surakarta dan jumlah dilihat dari peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 72,65 dan 76,88, sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah skor SMP Negeri 1 Mirilebih tinggi dan baik dibandingkan dengan SMP Negeri 8 Surakarta. 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan di SMP Negeri 8 Surakarta dan SMP Negeri 1 Miri dilihat dari kompetensi tenaga pendidik termasuk dalam kategori baik yaitu 76 dan 75,8. Kemudian dilihat dari peserta didik, SMP Negeri 8 Surakarta dan SMP Negeri 1 Miri termasuk dalam kategori sedang dengan skor 64,2 dan 64,7. Oleh karena itu, pengelolaan lingkungan sekolah Adiwiyata SMP Negeri 1 Miri termasuk dalam kategori baik dibandingkan dengan SMP Negeri 8 Surakarta. Kata Kunci : Implementasi, Adiwiyata, Pengelolaan Lingkungan Sekolah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 11 Dec 2017 10:03
    Last Modified: 11 Dec 2017 10:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36963

    Actions (login required)

    View Item