Strategi Pengembangan Usaha Abon Sapi Bu Yati di Kabupaten KaranganyarStrategi Pengembangan Usaha Abon Sapi Bu Yati di Kabupaten Karanganyar

Mastiur, Linda Eni (2017) Strategi Pengembangan Usaha Abon Sapi Bu Yati di Kabupaten KaranganyarStrategi Pengembangan Usaha Abon Sapi Bu Yati di Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (409Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal usaha abon sapi Bu Yati, mengetahui strategi apa saja yang dapat diterapkan dan mengikuti prioritas strategi yang dapat diterapkan. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Metode analisis data menggunakan analisis matriks IFE (Internal Factor Evaluation),EFE (Eksternal Factor Evaluation), MatriksSWOTpendekatankuantitatif, MatriksSWOT pendekatankualitatifdan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan matriks SWOT pendekatan kuantitatif strategi pengembangan usaha abon sapi Bu Yati berada pada kuadran I yaitu agresif, sehingga terumuskan strategi: diversifikasi produk dengan menambah alternatif rasa atau varian bahan campuran abon yang lain dengan tetap memperhatikan kualitas dan selera konsumen, meningkatkan kualitas produk dan memperluas jaringan pemasaran, modifikasi kemasan produk dan menambah desain produk untuk memenuhi permintaan pasar dengan memanfatkan perkembangan teknologi, memanfaatkan kerjasama dan dukungan pemerintah dalam memperluas daerah pemasaran. Prioritas strategi yang direkomendasikan untuk strategi pengembangan usaha abon sapi Bu Yati adalah meningkatkan kualitas produk dan memperluas jaringan pemasaran. This research aims at determining the internal and the external factors of abon sapi Bu Yati business, knowing what strategies can be applied and follow the priority strategi that can be applied. The basic method that used in this researchwas analytical descriptive. Data analysis methods were used IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), SWOT Matrix of quantitative approach, SWOT Matrix of qualitative approach and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). The result of the research showed that based on the SWOT matrix the quantitative approach of business development of strategy abon sapi Bu Yati that was in the first quadrantwas aggressive, so that the formulated strategy: product diversification by adding alternative flavor or variant of other abon mixed material with still pay attention to quality and consumer taste, improving quality of the product and expanding the marketing network, modifying product packaging and adding product design tofulfill the market demand by exploiting technological developments and utilizing cooperation and supporting by the government in expanding marketing area. The recommended priority strategy for the business development strategy of Bu Yati abon sapiwasto improve product quality and expand the marketing network.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 11 Dec 2017 09:51
    Last Modified: 11 Dec 2017 09:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36961

    Actions (login required)

    View Item