PENINGKATAN LAYANAN PDAM TIRTO NEGORO UNIT SODOHARJO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN

Sari, Eti Tutiningsih Eka (2017) PENINGKATAN LAYANAN PDAM TIRTO NEGORO UNIT SODOHARJO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan wilayah, kebutuhan air bersih baik diperkotaan maupun dipedesaan semakin meningkat. PDAM Tirto Negoro Unit Sidoharjo yang bertugas dan bertanggung jawab atas penyedia air bersih di Kecamatan Sidoharjo. Perlu dilakukan analisis untuk mengetahui peningkatan layanan PDAM Tirto Negoro Unit Sidoharjo dalam memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Kecamatan Sidoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu pengumpulan data yang kemudian dianalisis datanya untuk diambil kesimpulan, dengan melakukan analisis pola distribusi tekanan meter air, pertambahan pelanggan sampai tahun 2027, kapasitas produksi pada tahun 2027. Dalam tugas akhir ini, diprediksikan kebuthan air bersih untuk wilayah PDAM Unit Sidoharjo pada tahun 2027 dan menganalisis ketersediaan air bersih sumur dalam PDAM Unit Sidoharjo sampai tahun 2027 Hasil kajian menunjukkan bahwa kebutuhan air bersih di wilayah pelayanan PDAM Unit Sidoharjo untuk tahun 2027 sebesar Q = 49,3 lt/dt dan ketersediaan air dari sumur dalam untuk tahun 2027 sebesar 26 lt/dt. Sedangkan untuk jumlah pelanggan pada tahun 2017 sebesar 2.637 SR maka pada tahun 2027 menjadi 4.302 SR. Agar semua pelanggan dapat terlayani sampai dengan tahun 2027 maka, PDAM Unit Sidoharjo harus membuat tambahan sumur produksi lagi, dan untuk menghindari kehilangan air yang berlebih perlu dilakukannya audit NRW secara rutin. Kata kunci :Distrik Meter Area (DMA), Non Revenue Water (NRW)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 10 Dec 2017 20:28
    Last Modified: 10 Dec 2017 20:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36934

    Actions (login required)

    View Item