PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY MUSEUM SANGIRAN KLASTER MANYAREJO STUDY KASUS HISTORICAL PEMBANGUNAN MUSEUM TERBUKA DI MANYAREJO BERBASIS ANDROID

ANGGRIAWAN, ARIO (2017) PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY MUSEUM SANGIRAN KLASTER MANYAREJO STUDY KASUS HISTORICAL PEMBANGUNAN MUSEUM TERBUKA DI MANYAREJO BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (187Kb)

    Abstract

    Ario Anggriawan. 2017. PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY MUSEUM SANGIRAN KLASTER MANYAREJO STUDI KASUS HISTORICAL PEMBANGUNAN MUSEUM TERBUKA DI MANYAREJO BERBASIS ANDROID. Program DIII Teknik Informatika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret. Museum Purbakala Sangiran merupakan museum yang menampilkan penemuan zaman purbakala yang ditemukan di daerah Sangiran. Museum Purbakala Sangiran ini telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO (1995) . Pengunjung akan merasa bosan jika Informasi yang disajikan Museum Purbakala Sangiran terutama di Museum Sangiran Klaster Manyarejo dimana merupakan museum baru kurang menarik dan tidak interaktif. Pembuatan Virtual Reality museum sangiran klaster Manyarejo ini menggunakan teknologi Virtual Reality yang dapat dimainkan menggunakan smartphone android dengan tujuan memberikan inovasi dan edukasi bagi para pengunjung. Metode yang digunakan ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, implementasi menggunakan 3DS max dan Unity 3D, dan pengujian. Pengumpulan data untuk konten dilakukan dengan survey tempat dan wawancara. Dalam implementasinya, aplikasi ini dapat berjalan pada platform android. Dengan menggunakan kacamata Virtual Reality, pengunjung dapat merasakan secara langsung proses ekskavasi yang ada di Manyarejo. Terdapat informasi tambahan atau informasi pendukung dengan unsur multimedia seperti audio, teks, animasi dan objek 3D. Dan dengan hasil pengujian dengan tingkat sangat setuju ada 8, setuju ada 21, cukup setuju 14, kurang setuju ada 5 dan tidak setuju ada 0. Kata Kunci : Klaster Manyarejo, Sangiran, Virtual Reality, 3DS max, Unity 3D, Mobile, Android.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 10 Dec 2017 20:36
    Last Modified: 10 Dec 2017 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36933

    Actions (login required)

    View Item