PENGARUH NILAI PORTOFOLIO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT SURAT BISNIS SEDERHANA DALAM BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Sandy, Kristina Suryaningsih (2017) PENGARUH NILAI PORTOFOLIO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT SURAT BISNIS SEDERHANA DALAM BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1685Kb)

    Abstract

    Kristina Suryaningsih Sandy, K7410104. PENGARUH NILAI PORTOFOLIO DAN MOTIVASI BELAJARTERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSIKEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT SURAT BISNIS SEDERHANADALAMBAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PEDAN KABUPATEN KLATENTAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh nilai portofolio terhadap hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Membuat Surat Bisnis Sederhana Dalam Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pedan Kabupaten KlatenTahun Ajaran 2014/2015. (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Membuat Surat Bisnis Sederhana Dalam Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pedan Kabupaten KlatenTahun Ajaran 2014/2015. (3) ada tidaknya pengaruh nilai portofolio dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Membuat Surat Bisnis Sederhana Dalam Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pedan Kabupaten KlatenTahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pedan tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 78 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportionate random samplingsejumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data tersebut di analisis menggunakan teknik analisis regresi ganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji independensi, dan uji linearitas. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : (1) ada pengaruh yang signifikan nilai portofolio terhadap hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Membuat Surat Bisnis Sederhana Dalam Bahasa Inggris. (2) tidak ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Membuat Surat Bisnis Sederhana Dalam Bahasa Inggris. (3) ada pengaruh yang signifikan nilai portofolio dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Membuat Surat Bisnis Sederhana Dalam Bahasa Inggris. Persamaan regresi ganda yaitu Ŷ = 15.060+ 0.837X1 + (- 0.070)X2. Nilai portofolio (X1) terhadap hasil belajar (Y) memberikan sumbangan relatif sebesar 76,26 % dan sumbangan efektif sebesar 40,57%. Motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) memberikan sumbangan relatif sebesar 23,73% dan sumbangan efektif sebesar 12,62%. Kata kunci : Nilai Portofolio, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 10 Dec 2017 12:01
    Last Modified: 10 Dec 2017 12:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36915

    Actions (login required)

    View Item