PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI ALAT OPTIK

Efendi, Ki Agus Mar (2017) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI ALAT OPTIK. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (434Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui cara penyusunan modul Fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa; (2) mengetahui kelayakan modul Fisika berbasis problem based learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa; (3) mengetahui efektivitas keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan modul modul Fisika berbasis problem based learning. Metode penelitian ini adalah R&D dengan mengacu model 4-D (four D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel (1974). Model 4-D terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning berisi materi alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan pedoman wawancara analisis kebutuhan, lembar validasi, angket respon, lembar penilaian keterampilan proses sains, dan angket disseminate. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis problem based learning disusun sesuai dengan sintaks problem based learning yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. (2) modul dikategorikan layak berdasarkan (ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru, teman sejawat) ditunjukkan dengan nilai rata-rata 88,0 > nilai minimum kelayakan 85,0. Serta didukung dengan respon baik dari siswa dan hasil disseminate yang dilakukan pada forum MGMP yang mengkategorikan modul baik. (3) penggunaan modul dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: Modul, Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 10 Dec 2017 11:48
    Last Modified: 10 Dec 2017 11:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36910

    Actions (login required)

    View Item