ARGUMENTASI KASASI PENUNTUT UMUM BERDASARKAN KESALAHAN JUDEX FACTIE MEMUTUS PERKARA PENGANIAYAAN KARENA TIDAK MEMPERTIMBANGKAN KETERANGAN SAKSI DAN ALAT BUKTI SURAT (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 244 K/PID/2015)

Purn, Dimas Yoga Budi (2017) ARGUMENTASI KASASI PENUNTUT UMUM BERDASARKAN KESALAHAN JUDEX FACTIE MEMUTUS PERKARA PENGANIAYAAN KARENA TIDAK MEMPERTIMBANGKAN KETERANGAN SAKSI DAN ALAT BUKTI SURAT (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 244 K/PID/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (849Kb)

    Abstract

    Penulisan Hukum ini bertujuan untuk mengetahui argumentasi dari penuntut umum mengajukan upaya hukum kasasi terhadap kesalahan judex factie keliru menerapkan hukum dalam perkara penganiayaan karena tidak mempertimbangkan adanya keterangan saksi dan adanya alat bukti surat dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 244 K/PID/2015 telah sesuai Pasal 253 KUHAP. Mengetahui apa yang menjadi pertimbangan hakim mahkamah agung dalam mengabulkan kasasi penuntut umum telah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 KUHAP. Metode penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat perskriptif. Jenis bahan hukum meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Sumber hukum Primer meliputi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 244K/PID/2015, KUHP, KUHAP, Undang-undang RI No. 14 Tahun 1985 jo Undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang Mahkamah Agung, Undang-undang No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Sumber hukum sekunder meliputi buku-buku teks mengenai hukum, kamus-kamus hukum, jurnal-jurnal hukum, dan bahan dari internet. Teknik pengumpulan bahan hukum studi kepustakaan atau studi dokumen. Teknik analisis menggunakan metode silogisme yang berpola pikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa argumentasi pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum telah sesuai dengan Pasal 253 KUHAP dan pertimbangan Hakim agung mengabulkan kasasi Penuntut Umum serta mengadili sendiri terhadap kasus penganiayaan telah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 KUHAP. Kata Kunci :Argumentasi Pengajuan Kasasi, Judex Factie, Penganiayaan, Alat Bukti.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 10 Dec 2017 10:59
    Last Modified: 10 Dec 2017 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36896

    Actions (login required)

    View Item