Kajian Variabel Pemilihan Rute Berdasarkan Persepsi Pengguna Jalan dengan Teknik Stated Preference (Studi Kasus Ruas Jalan Ring Road Utara Kota Surakarta)

Haryamurti, Jessy Tidar (2017) Kajian Variabel Pemilihan Rute Berdasarkan Persepsi Pengguna Jalan dengan Teknik Stated Preference (Studi Kasus Ruas Jalan Ring Road Utara Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (231Kb)

    Abstract

    Jessy Tidar Haryamurti., 2017, Kajian Variabel Pemilihan Rute Menurut Pengguna Jalan dengan Teknik Stated Preference (Studi Kasus Ruas Jalan Ring Road Utara Kota Surakarta), Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Variabel pengguna jalan dalam memilih rute merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan didalam pengembangan sistem jaringan jalan. Dalam menentukan rute setiap pengguna jalan selalu memiliki berbagai alasan dalam memilih rute terbaiknya. Alasan tersebut yang menjadi dasar pertimbangan dalam memilih rute. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui variabel – variabel yang mempengaruhi pengguna jalan dalam memilih rute dan mengukur persepsi individu dalam memilih rute. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap pengguna jalan dan penyusunan formulir wawancara menggunakan teknik stated preference. Analisis utilitas dilakukan dengan regresi linier berganda dengan pemilihan rute sebagai variabel terikat dan waktu perjalanan, keramaian jalan, kenyamanan jalan, persepsi tepi jalan, adanya informasi waktu perjalanan sebagai variabel bebas. Perhitungan dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0. Besarnya masing – masing variabel pemilihan rute dapat dilihat pada persamaan berikut : Urr = 1,882 – 0,028 TT + 0,092 RC + 0,106 CR + 0,085 RP + 0,037 TI. Dimana Urr adalah utilitas ring road, TT adalah waktu perjalanan, RC adalah kenyamanan jalan, CR adalah keramaian jalan, RP adalah persepsi tepi jalan, dan TI adalah informasi waktu perjalanan. Hasil analisis dari utilitas untuk semua jenis kendaraan dan semua variabel yang telah dihitung diketahui bahwa variabel yang mempengaruhi pengguna jalan dalam memilih rute adalah : 1) Keramaian jalan, 2) Kenyamanan jalan, 3) Persepsi tepi jalan, 4) Keberadaan informasi waktu perjalanan, 5) Waktu perjalanan. Kata kunci : Variabel pemilihan rute, stated preference, regresi linier berganda

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 10 Dec 2017 10:59
    Last Modified: 10 Dec 2017 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36894

    Actions (login required)

    View Item