CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT BINTANG TOEDJOE (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Corporate Social Responsibility Oleh Divisi CCCM (C3M) Di PT Bintang Toedjoe Dalam Partisipasi Memelihara Lingkungan dan Melestarikan Tanaman Herbal)

Sugiarto, Irene Putri Damayanti (2017) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT BINTANG TOEDJOE (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Corporate Social Responsibility Oleh Divisi CCCM (C3M) Di PT Bintang Toedjoe Dalam Partisipasi Memelihara Lingkungan dan Melestarikan Tanaman Herbal). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (708Kb)

    Abstract

    Divisi C3M (Conim, CARA, CSV, Management System) merupakan salah satu divisi yang berada di PT Bintang Toedjoe. Divisi ini memiliki peran sebagai Public Relations dan bertugas menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, PT Bintang Toedjoe turut serta memelihara lingkungan melalui kegiatan-kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas CSR yang dilakukan oleh divisi C3M di PT Bintang Toedjoe dalam turut serta berpartisipasi memelihara lingkungan dan melestarikan tanaman herbal melalui budidaya jahe merah. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan teori yang diungkapkan oleh Untung bahwa CSR merupakan komitmen dari perusahaan untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan menitikberatkan pada keseimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan studi pustaka. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling. Proses analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di PT Bintang Toedjoe menunjukkan bahwa (1) aktivitas CSR yang dijalankan oleh divisi C3M PT Bintang Toedjoe tidak hanya mencari keuntungan saja, melainkan juga mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dengan turut serta berpartisipasi dalam pemeliharaan lingkungan, serta mengedukasi dan memberi pelatihan kepada masyarakat terkait budidaya tanaman herbal sehingga masyarakat dapat melestarikan tanaman herbal tersebut; (2) dalam pelaksanaan aktivitas CSR, terdapat faktor yang mendukung, seperti dukungan dari pemerintah dan yang menghambat keberhasilan kegiatan CSR, yang berasal dari masyarakat, seperti kurangnya kepedulian dan peran aktif masyarakat terhadap kegiatan CSR PT Bintang Toedjoe.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 10 Dec 2017 09:44
    Last Modified: 10 Dec 2017 09:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36886

    Actions (login required)

    View Item