Efektivitas Modul Integratif Praktis Dalam Pemberdayaan Keluarga Dengan Anak Cerebral Palsy

HARUMI, LINDA (2017) Efektivitas Modul Integratif Praktis Dalam Pemberdayaan Keluarga Dengan Anak Cerebral Palsy. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (721Kb)

    Abstract

    ABSTRACT Linda Harumi. S021308046. Effectiveness of Practical Integrative Module in Empowering Family Empowering Family of Children with Cerebral Palsy.. THESIS. Principal Adviser: Eti Poncorini Pamungkasari. Co Adviser: Bhisma Murti. Postgraduate Program of Public Health Sebelas Maret University. Bacground: There is a lack of health care services for children with cerebal palsy (CP) in Indonesia. In addition, family of the children with CP are lacking in skills of CP services. A simple, practical, easily readable modul of CP services for families of children with CP has been developed. This study aimed to analyze effectiveness of practical integrative module in empowering family empowering family of children with CP. Subject and Method: This was a quasi experimental study, consisting of intervention and control groups without randomization. The study was conducted at Child Growth Clinic Dr. Soedjarwadi hospital, Klaten, and YPAC, Surakarta, Central Java. A sample of 100 families of children with CP was selected for this study by purposive sampling. The sample was divided into two groups: 50 families in the intervention group and 50 families in the control group. The independent variable was practical integrative module of CP handling, i.e. the intervention under study. The dependent variables were knowledge, attitude, and level of family empowerment in CP services. The data were collected by a set of questionnaire and analyzed by linear regression. Results: After controlling for knowledge before intervention, average knowledge in the intervention group was 0.84 points higher than the control group (b=0.84; 95% CI= 0.33 to 1.86; p = 0.002). The average attitude in the intervention group was 2.48 points higher than the control group (b=2.48; 95% CI= 0.85 to 4.10; p= 0.003). The average level of family empowerment in the intervention group was 3.41 points higher than the control group (b=3.41; 95% CI= 1.34 to 5.48; p = 0.001). Conclusion: The integrative module of CP handling under study is effective in improving knowledge, attitude, and level of family empowerment in families with CP children. Keywords: knowledge, attitude, empowerment, family, cerebral palsy, children, integrative module, cerebral palsy handling ABSTRAK Linda Harumi. S021308046. Efektivitas Modul Integratif Praktis dalam Pemberdayaan Keluarga dengan Anak Cerebral Palsy. TESIS. Pembimbing I: Eti Poncorini Pamungkasari. Pembimbing II: Bhisma Murti. . Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Latar Belakang : Penanganan Cerebral Palsy (CP) di Indonesia masih mengalami keterbatasan karena ketersediaan layanan rehabilitasi untuk anak CP masih belum merata, masalah lainnya adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan orang tua/keluarga dan masyarakat dalam penanganan CP. Modul Integratif Praktis Penanganan CP Untuk keluarga dapat digunakan sebagai media penyampaian informasi yang murah, mudah dibaca semua anggota keluarga sehingga mampu meningkatkan keberdayaan keluarga dalam penanganan CP tanpa terkendala ketersediaan layanan rehabilitasi, biaya, jarak, dan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Modul Integratif Praktis Penanganan CP dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keberdayaan keluarga dalam penanganan CP. Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan satu kelompok kontrol dan satu kelompok perlakuan. Subjek penelitian sebanyak 100 orang keluarga dengan anak CP. Lokasi penelitian di Klinik Tumbuh Kembang Anak RSJD DR. RM Soedjarwadi Klaten dan YPAC Surakarta. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Variabel independent pada penelitian ini adalah Efektivitas Modul Integratif Praktis Penanganan CP dan variabel dependenya yaitu Pengetahuan, Sikap dan Keberdayaan keluarga CP. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil : Ada beda pengaruh modul pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Modul integratif praktis rata-rata mampu menaikkan pengetahuan 0,84 poin lebih tinggi daripada sampel yang tidak diberikan modul integratif praktis (b=0.84; CI 95% 0.33 hingga 1.86; p = 0.002). Modul integratif praktis rata-rata mampu menaikkan sikap sebesar 2.48 poin lebih tinggi daripada sampel yang tidak diberikan modul integratif praktis (b=2.48; CI 95% 0.85 hingga 4.10; p = 0.003). Modul integratif praktis rata-rata mampu menaikkan keberdayaan sebesar 3.41 poin lebih tinggi daripada sampel yang tidak diberikan modul integratif praktis (b = 3.41; CI 95% 1.34 hingga 5.48; p = 0.001). Kesimpulan : Modul Integratif Penanganan CP Untuk Keluarga Efektif dalam meningkatkan keberdayaan keluarga anak CP. Keywords : Modul, cerebral palsy (CP), pengetahuan, sikap, keberdayaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Spesialis Pulmonologi dan Ked. Respirasi
    Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 10 Dec 2017 09:31
    Last Modified: 10 Dec 2017 09:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36882

    Actions (login required)

    View Item