PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA WORD WALL PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KISMANTORO TAHUN AJARAN 2016/2017

Khoiriyah, Intan and UNSPECIFIED (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA WORD WALL PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KISMANTORO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (602Kb)

    Abstract

    Intan Khoiriyah. K4213043. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA WORD WALL PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KISMANTORO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menulis paragraf aksara Jawa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan media Word Wall pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kismantoro tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kismantoro tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dan deskriptif intertif, yang terdiri dari tiga alur yaitu, (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan media Word Wall dalam pembelajaran menulis paragraf aksara Jawa dapat meningkatakan kualitas proses dan kualitas hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan kualitas dengan proses belajar siklus I sebesar 62,5% dan siklus II menjadi 84,375% siswa mencapai nilai dengan kategori baik dan amat baik. Peningkatan pada keterampilan menulis paragraf aksara Jawa ketika pratindakan 28,1%, kemudian menjadi 56,2% pada siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 84,3%. Kata kunci : model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD), media Word Wall, keterampilan menulis paragraf aksara Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 10 Dec 2017 09:28
    Last Modified: 10 Dec 2017 09:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36879

    Actions (login required)

    View Item