Akomodasi Komunikasi Antar Budaya Pada Mahasiswa (Studi Kasus Akomodasi Komunikasi Antar Budaya Pada Mahasiswa Aceh dan Mahasiswa NTT Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Angkatan 2013 di Universitas Sebelas Maret)

PUSPITA, ARINI (2017) Akomodasi Komunikasi Antar Budaya Pada Mahasiswa (Studi Kasus Akomodasi Komunikasi Antar Budaya Pada Mahasiswa Aceh dan Mahasiswa NTT Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Angkatan 2013 di Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (590Kb)

    Abstract

    Arini Puspita. D1215062. AKOMODASI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PADA MAHASISWA (Studi Kasus Akomodasi Komunikasi Antar Budaya pada Mahasiswa Aceh dan Nusa Tenggara Timur Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Angkatan 2013 di Universitas Sebelas Maret). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Penelitian bermula dari perhatian penulis terhadap mahasiswa asal Aceh dan NTT yang pernah mengalami konflik dalam lingkup program PPGT disebabkan cara berbicara atau cara menyampaikan pesan yang kurang tepat. Hal ini yang menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti tentang akomodasi komunikasi di antara mahasiswa Aceh dan NTT serta bagaimana hambatan akomodasi komunikasi yang dialami oleh mahasiswa Aceh dan mahasiswa NTT program PPGT Angkatan 2013 di Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan teori akomodasi komunikasi untuk mengetahui bagaimana dan mengapa mahasiswa Aceh dengan mahasiswa NTT menyesuaikan diri satu sama lain serta hambatan akomodasi yang dialami mahasiswa Aceh maupun mahasiswa NTT dalam membangun dan menjalani hubungan interpersonal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan data dalam penelitian ini berupa kata-kata, gambar dan bukan merupakan hasil perhitungan dengan angka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Studi memiliki prinsip penggunaan multi sumber bukti guna meningkatkan realibilitas studi kasus. Penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Penulis melakukan pengambilan sampel dengan teknik Snowball Sampling. Penulis melakukan pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi data. Analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis studi kasus Yin. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah tujuh orang dari mahasiswa Aceh dan mahasiswa NTT program PPGT Angkatan 2013 di Universitas Sebelas Maret yang mengetahui kasus antara mahasiswa Aceh dan mahasiswa NTT dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, para informan yang merupakan mahasiswa Aceh dominan melakukan akomodasi dengan meniru (konvergensi) dan divergensi untuk tujuan-tujuan tertentu seperti untuk lebih dekat dan cepat akrab dengan mahasiswa NTT. Adapun perilaku meniru (konvergensi) yang dilakukan dua orang informan asal NTT tidak dapat berlangsung lama. Mahasiswa NTT dominan melakukan divergensi karena merasa dirinya unik dibandingkan dengan mahasiswa dari kebudayaan lain. Hambatan utama yang dirasakan oleh ketujuh informan adalah dari segi bahasa. Hal ini disebabkan oleh derajat pengetahuan yang minim mengenai kebudayaan dan bahasa yang sulit dimengerti sehingga membuat informan Aceh dan informan NTT gagal dalam berkomunikasi satu sama lain. Kata kunci : Akomodasi Komunikasi, Mahasiswa Aceh dan NTT, Hambatan akomodasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 10 Dec 2017 00:47
    Last Modified: 10 Dec 2017 00:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36862

    Actions (login required)

    View Item