PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK EMPAT LIMA TAHUN 2017

KANZUL AINI H., I. (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK EMPAT LIMA TAHUN 2017. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (703Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1. memperoleh model pembelajaran problem based learning berbantuan Video tutorial yang telah memenuhi kriteria kelayakan untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran, 2. menguji keefektifan model pembelajaran problem based learning berbantuan Video tutorial efektif untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan kelas XI di SMK Empat Lima Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari tiga langkah yaitu pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Studi pendahuluan dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Studi lapangan dilakukan dengan analisis kurikulum, guru, sarana dan prasarana sekolah, lingkungan dan karakteristik siswa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, sedangkan analisis kelayakan media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian validator atau expert judgement dan analisis keefektifan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif media video tutorial telah dinyatakan layak digunakan. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian tim ahli (expert judgement) yaitu tim ahli media sebesar 85% dengan kategori “sangat baik”, ahli materi sebesar 90% dengan kategori “sangat baik”, ahli bahasa sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”, dan praktisi sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan media sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan Uji keefektifan yang dilakukan di SMK Empat Lima Surakarta dengan menggunaan uji-t terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 33.9 dari 49.38 menjadi 83.28, dari hasil pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 49.38 dan kelas kontrol sebesar 51.21. Sedangkan hasil penilaian post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83.28, dan kelompok kontrol sebesar 76.82. sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan video tutorial efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 15:07
    Last Modified: 09 Dec 2017 15:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36848

    Actions (login required)

    View Item