PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI REAKSI REDOKS SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SEMESTER GENAP

P, JULAIKHA RIZKI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI REAKSI REDOKS SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SEMESTER GENAP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (942Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemandirian siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 semester genap pada materi reaksi redoks melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (2) prestasi belajar pada materi reaksi redoks siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 semester genap melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus pembelajaran terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, hasil tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Data pada setiap siklus diperoleh melalui tes, angket penilaian diri, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan: (1) kemandirian belajar siswa pada prasiklus sebesar 61,11%, siklus I sebesar 68,52% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,7%. (2) Prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 41,67% dan siklus II meningkat menjadi 63,89%. Aspek sikap dan aspek keterampilan telah mencapai target pada siklus I yaitu dengan ketercapaian sebesar 90% untuk aspek sikap dan ketercapaian sebesar 100% untuk aspek keterampilan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 15:02
    Last Modified: 09 Dec 2017 15:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36844

    Actions (login required)

    View Item