PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION MATERI KINEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, VEKTOR, GRAFIK DAN MATEMATIS

SOBARQAH, HORIQ (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION MATERI KINEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, VEKTOR, GRAFIK DAN MATEMATIS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1174Kb)

    Abstract

    Masalah utama penelitian ini yaitu belum digunakannya modul fisika pada tingkat SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik modul fisika berbasis multiple representation pada materi kinematika gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan multi representasi siswa kelas X SMA/MA. (2) Mengetahui kelayakan modul fisika berbasis multiple representation pada materi kinematika gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan multi representasi siswa kelas X SMA/MA. (3). Mengetahui efektivitas modul fisika berbasis multiple representation pada materi kinematika gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan representasi verbal, vektor atau gambar, grafik dan matematis siswa kelas X SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model Borg and Gall (1983) dengan 10 tahapan, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba produk awal, 5) revisi produk pertama, 6) uji coba lapangan terbatas, 7) revisi produk kedua, 8) uji lapangan operasional, 9) revisi produk akhir, 10) diseminasi dan implementasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor criteria, dan analisis tes kemampuan multi representasi melalui uji Paired T-Test dan dihitung menggunakan N-Gain ternormalisasi. Sampel penelitian dan pengembangan meliputi: 1) validator ahli (materi, media, dan bahasa) dan praktisi pendidikan (2 guru fisika), 2) sampel uji coba lapangan terbatas sejumlah 12 siswa kelas XC MA Negeri 1 Sragen, 3) sampel uji coba lapangan operasional sejumlah 36 siswa kelas XA MA Negeri 1 Sragen. Hasil penelitian ini adalah: 1) karakteristik modul fisika, dikembangkan dengan berbasis multi representasi pada materi kinematika gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan representasi verbal, vektor, grafik dan matematis siswa. Tahapan pembelajaran berbasis multirepresentasi yang dimunculkan sebagai kerangka dalam modul meliputi: (1) fase penyajian fenomena; (2) fase identifikasi konsep-konsep kunci; (3) fase eksplorasi konsep; (4) Fase konstruksi representasi; (5) internalisasi dan konsolidasi konsep; (6) Fase evaluasi dan Fase merepresentasikan kembali, 2) modul dikategorikan layak dengan skor rata-rata 3,41, 3) modul fisika berbasis multirepresentasi pada materi kinematika gerak lurus efektif untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa dihasilkan: kenaikan paling tinggi yaitu pada aspek Kemampuan representasi Matematis dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,56, dilanjutkan Kemampuan representasi Verbal dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,53, lalu aspek Kemampuan representasi vektor dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,34, dan terendah Kemampuan representasi grafik dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,16.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 14:43
    Last Modified: 09 Dec 2017 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36832

    Actions (login required)

    View Item