Strategi Pendidikan Politik Untuk Memperkuat Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan Pada Komunitas Juang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sebagai Warga Negara Muda Di Kabupaten Wonogiri

PUTRA, HANRY PRATAMA (2017) Strategi Pendidikan Politik Untuk Memperkuat Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan Pada Komunitas Juang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sebagai Warga Negara Muda Di Kabupaten Wonogiri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (720Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hanry Pratama Putra. K6413033. STRATEGI PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MEMPERKUAT NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN PADA KOMUNITAS JUANG PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) SEBAGAI WARGA NEGARA MUDA DI KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pentingnya penguatan nilai-nilai karakter kebangsaan pada Komunitas Juang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebagai warga negara muda di Kabupaten Wonogiri; 2) Strategi pendidikan politik untuk memperkuat nilai-nilai karakter kebangsaan pada Komunitas Juang PDI-P sebagai warga negara muda di Kabupaten Wonogiri; 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan politik Komunitas Juang PDI-P tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi, review informan, dan member check. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi: data reduksi, data sajian, dan penarikan kesimpulan. Simpulan hasil penelitian: 1) Penguatan nilai-nilai karakter kebangsaan menjadi penting karena terjadi fenomena pergeseran nilai-nilai pada warga negara muda di Kabupaten Wonogiri yang mengarah kepada nilai individualis, apatis kepada bangsa, tidak jujur (korupsi), rendahnya etos kerja, menurunnya kesantunan dan budi pekerti, sehingga tanpa penguatan nilai-nilai karakter kebangsaan maka dalam jangka panjang Komunitas Juang PDI-P sebagai warga negara muda di Kabupaten Wonogiri akan kehilangan karakter sebagai Bangsa Indonesia. 2) Strategi pendidikan politik pada Komunitas Juang PDI-P: a) Pemberian wawasan kebangsaan untuk menguatkan pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge); b) Psicogame untuk melatih keterampilan berpikir kritis warga negara dalam menyelesaikan masalah (civic skill); c) Penguatan historis kebangsaan dalam kegiatan pelantikan untuk menanamkan rasa cinta tanah air (civic disposition) dan dilibatkan dalam kegiatan partai politik untuk mewujudkan warga negara yang cerdas dan baik (smart & good citizenship). 3) Faktor penghambat: a) Biaya; b) Jumlah mentor; c) Minimnya antusiasme masyarakat; d) Ketahanan kader e) Kondisi geografis. Selanjutnya, Faktor pendukung: a) Dukungan dari Partai PDI-P; b) Fasilitas dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Kabupaten Wonogiri; d) Komitmen Mentor; e) Publikasi; f) Dedication of life Kader Komunitas Juang PDI-P Kabupaten Wonogiri. Saran: Sebaiknya kurikulum dikodifikasi, standar evaluasi disusun dengan jelas dan sumber materi pendidikan politik dicantumkan, diberikan jaminan akses secara transparan kepada semua kader yang memiliki potensi untuk duduk dalam struktural Komunitas Juang PDI-P Kabupaten Wonogiri. Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Politik, Karakter, Warga Negara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:59
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36825

    Actions (login required)

    View Item