Pengembangan Instrumen Two-Tier Multiple-Choice Test untuk Mengukur Higher-Order Thinking Skills IPA di Sekolah Dasar

LUKITASARI, HAFIZHAH (2017) Pengembangan Instrumen Two-Tier Multiple-Choice Test untuk Mengukur Higher-Order Thinking Skills IPA di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1054Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kebutuhan penilaian yang diterapkan guru dalam mengukur higher order thinking skills di Sekolah Dasar; 2) Mengkaji karakteristik dan kelayakan instrumen two-tier multiple choice test untuk mengukur higher order thinking skills di Sekolah Dasar; 3) Menganalisis respon guru dan siswa terhadap instrumen two-tier multiple choice test untuk mengukur higher order thinking skills di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan dengan subjek penelitian peserta didik dan guru kelas V Sekolah Dasar se-Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan langkah Penelitian dan Pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah yakni: 1) Research and Information Collecting; 2) Planning; 3) Develop Preliminary form a Product; 4) Preliminary Field Testing; 5) Main Product Revision; 6) Main Field Testing; 7) Operational Product Revision; 8) Operational Field Testing. 9) Final Product Revision; 10) Dissemination and Implementation. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan memanfaatkan software Iteman 3.0. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa guru membutuhkan instrumen tes yang dapat mengukur cakupan materi yang luas, dapat mengukur keterampilan berpikir siswa, dapat memenuhi proporsi butir soal yang mengukur indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta), memiliki peluang yang kecil bagi siswa untuk menembak jawaban, meningkatkan motivasi siswa untuk meningkatkan kerampilan berpikir, dan dapat dianalisis atau diolah dengan mudah baik sebagai instrumen tes diagnostik, maupun sebagai tes formatif atau sumatif. Kelayakan produk instrumen two-tier multiple-choice test dijamin melalui validitas isi dan validitas butir soal berdasarkan Depdiknas 2008 dengan interpretasi “baik” dari segi materi, “sangat baik” dari segi bahasa, dan “sangat baik” dari segi konstruksi/instrumen tes, memiliki tingkat kesukaran rata-rata pada interpretasi “cukup sulit”, dan daya pembeda rata-rata pada interpretasi “sangat baik”, serta memiliki tingkat kepraktisan soal yang baik dari hasil uji keberterimaan dengan rata-rata skor 70% guru menerima hasil pengembangan instrumen two-tier multiple-choice test. Kata Kunci : two-tier multiple-choice, higher-order thinking skills.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:54
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36822

    Actions (login required)

    View Item