Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA melalui Penerapan Problem Based Learning pada Materi Bioteknologi

Praditaningtyas, Gazania (2017) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA melalui Penerapan Problem Based Learning pada Materi Bioteknologi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (392Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gazania Praditaningtyas. K4313033. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2017. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model Problem Based Learning pada materi Bioteknologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan studi dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang diterapkan melalui 3 komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Problem Based Learning selama dua siklus dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Surakarta pada materi Bioteknologi. Aspek interpretation meningkat dari 45% menjadi 65%, aspek analysis dari 48,33% menjadi 64,17%, aspek evaluation dari 49,17% menjadi 67,5%, aspek inference dari 46,67% menjadi 64,17%, aspek explanation dari 52,2% menjadi 75%, dan aspek self-regulation dari 49,17% menjadi 75,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada materi Bioteknologi selama dua siklus dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Surakarta. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, Problem Based Learning, Bioteknologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:41
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36813

    Actions (login required)

    View Item