studi kinerja dan biaya operasional kendaraan bus batik solo trans (BST) koridor II kota Surakarta dengan metode kementerian perhubungan

R, GABRIELLA P. S. (2017) studi kinerja dan biaya operasional kendaraan bus batik solo trans (BST) koridor II kota Surakarta dengan metode kementerian perhubungan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2722Kb)

    Abstract

    Surakarta adalah kota dengan penduduk berjumlah 512.226 orang pada tahun 2015. Jumlah penduduk sendiri terus meningkat tiap tahun. Kondisi ini menyebabkan peringkatan mobilitas penduduk sehingga keberadaan angkutan kota dapat membantu kelancarannya. Angkutan kota sebagai bagian dari transportasi umum ikut memegang peran penting dalam mendukung mobilitas penduduk di Kota Surakarta. Pada studi ini dilakukan analisis terhadap indikator kinerja angkutan kota pada BUS BATIK SOLO TRANS (BST) Koridor II di Surakarta. Tujuannya untuk mengetahui keberhasilan pengadaan angkutan kota bagi kepentingan operator maupun penggunanya. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan indikator load factor, kecepatan operasional, kecepatan perjalanan, headway dan waktu tunggu. Selain itu juga dilakukan analisis perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pada operasionalnya dengan metode Kementerian Perhubungan berikut dengan analisa penentuan tarif. Metode yang digunakan adalah survei lapangan untuk mendapatkan data primer, kemudian diolah untuk dibandingkan dengan standar pelayanan sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.687/AJ.206/DRJD/2002.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:34
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36811

    Actions (login required)

    View Item