PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA AKTIVITAS RIIL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

W, FENDY WAHYU (2017) PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA AKTIVITAS RIIL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (401Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba aktivitas riil. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebesar 99 perusahaan dengan 238 observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel bepengaruh terhadap REM. Kualitas audit yang diproksikan dengan ukuran KAP memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap REM. Kualitas audit yang diproksikan dengan specific accruals tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap REM. Variabel kontrol ROA memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap REM, sedangkan ukuran Perusahaan dan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap REM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:27
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36806

    Actions (login required)

    View Item