PENGGUNAAN METODE PERKALIAN RUMAH LEBAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DUA ANGKA UNTUK SISWA KELAS VI SLB E BHINA PUTERA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

FADLILAH, FAUZI NUR (2017) PENGGUNAAN METODE PERKALIAN RUMAH LEBAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DUA ANGKA UNTUK SISWA KELAS VI SLB E BHINA PUTERA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (734Kb)

    Abstract

    Fauzi Nur Fadlilah, PENGGUNAAN METODE PERKALIAN RUMAH LEBAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DUA ANGKA SISWA KELAS VI SLB E BHINA PUTERA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dua angka dengan menggunakan metode perkalian rumah lebah pada siswa kelas VI SLB E Bhina Putera Surakarta tahun 2015/2016 Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitiannya adalah penelitian subjek tunggal atau biasa disebut Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian ini adalah satu siswa kelas VI di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis dalam kondisi dengan komponen yang dianalisis meliputi (1) panjang kondisi, (2) estimasi kecenderungan arah, (3) kecenderungan tingkat stabilitas, (4) jejak data, (5) level stabilitas dan rentang, serta (6) perubahan level. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode perkalian rumah lebah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SLB E Bhina Putera Surakarta tahun 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari analisis dalam kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada fase baseline 1 dan fase intervensi 1, nilai tetap pada fase baseline 2 dan peningkatan kembali pada fase intervensi 2. Level stabilitas dan rentang untuk fase baseline 1 stabil dengan rentang 50.5-59.5, fase intervensi 1 stabil dengan rentang 69-81, 2 stabil dengan rentang 55.5-64.5, dan fase intervensi 2 stabil dengan rentang 78.25-91.75. Perubahan level baseline 1 (A1) = +10, 1 (B1) = +10, baseline 2 (B2) = 0, dan intervensi 2 (B2) = + 10. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode perkalian rumah lebah dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dua angka pada siswa kelasVI di SLB E Bhina Putera Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Metode Perkalian Rumah Lebah, Hasil Belajar Matematika, Siswa Tunalaras

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:22
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36803

    Actions (login required)

    View Item