Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017

, FATIMAH (2017) Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (57Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara model pembelajaran TTW dengan NHT, model pembelajaran TTW, dan model pembelajaran langsung pada materi peluang, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah pada materi peluang, (3) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah pada siswa yang dikenai model pembelajaran TTW dengan NHT, model pembelajaran TTW, dan model pembelajaran langsung pada materi peluang, (4) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran TTW dengan NHT, model pembelajaran TTW, dan model pembelajaran langsung pada siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Sampel penelitian diperoleh secara Stratified Cluster Random Sampling yaitu sebanyak 320 siswa yang terdiri dari 105 siswa pada kelas eksperimen satu, 108 siswa pada kelas eksperimen dua, dan 107 siswa pada kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda meng-gunakan metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan : (1) siswa yang dikenai model pembelajaran TTW dengan NHT mempunyai prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran TTW, siswa yang dikenai model pembelajaran TTW dengan NHT mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung, serta siswa yang dikenai model pembelajaran TTW mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, serta siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya, (3) pada masing-masing kecerdasan emosional, siswa yang dikenai model pembelajaran TTW dengan NHT mempunyai prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran TTW, siswa yang dikenai model pembelajaran TTW dengan NHT mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran langsung, serta siswa yang dikenai model pembelajaran TTW mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, serta siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya. Kata kunci : kecerdasan emosional. NHT, prestasi belajar matematika, TTW.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:15
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36799

    Actions (login required)

    View Item