PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MOBILE LEARNING PEMBELAJARAN GEOGRAFI GUNA MENINGKATKAN SPATIAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN 2016/2017 (Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan)

KHOIRUNNISA, FARIDA (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MOBILE LEARNING PEMBELAJARAN GEOGRAFI GUNA MENINGKATKAN SPATIAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN 2016/2017 (Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (798Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Farida Khoirunnisa. K5413025. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MOBILE LEARNING PEMBELAJARAN GEOGRAFI GUNA MENINGKATKAN SPATIAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN 2016/2017 (Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif mobile learning (m-learning) pembelajaran geografi sebagai media pembelajaran dan (2) Mengetahui efektivitas produk multimedia interaktif m-learning guna meningkatkan spatial thinking peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 2 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) atau Penelitian dan Pengembangan. Software yang digunakan dalam pengembangan produk m-learning adalah Adobe Flash. Subjek penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, pendidik dan peserta didik kelas X IPS 1 dan X IPS 3. Teknik sampling yang digunakan yakni proportional random sampling dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli ahli materi, media, pendidik, penilaian peserta didik, wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) pengembangan m-learning pembelajaran Geografi berbasis Adobe Flash dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran kelas X IPS di SMA Negeri 2 Surakarta berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, pendidik dan peserta didik masing-masing dengan skor modus 4 (kategori baik dalam skala Likert) yang telah memenuhi syarat dari batas minimal kelayakan m-learning skor modus 3 (kategori cukup dalam skala Likert) sebagaimana telah ditentukan oleh peneliti. (2) penerapan penggunaan m-learning pembelajaran Geografi berbasis Adobe Flash terbukti dapat meningkatkan kemampuan spatial thinking peserta didik yang telah diketahui dari adanya peningkatan nilai pre-test dan post-test yaitu sebesar 33.75% dengan aspek comparison sebesar 24%, aura 12%, region 15%, transition 39%, analogy 27%, hierarchy 16%, pattern 35% dan association 19%. Kata Kunci: Mobile Learning, Adobe Flash, Spatial Thinking

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:09
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36795

    Actions (login required)

    View Item