PENGARUH TINGKAT EFISIENSI BANK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN KREDIT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Tahun 2011-2015)

S, FARADINA DYAH W (2017) PENGARUH TINGKAT EFISIENSI BANK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN KREDIT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Tahun 2011-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (903Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH TINGKAT EFISIENSI BANK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN KREDIT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Tahun 2011-2015) Oleh: FARADINA DYAH WULANSARI F1315041 Penelitian bertujuan untuk menguji hubungan antara kinerja efisiensi bank terhadap pertumbuhan kredit bank, serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah dengan dimediasi pertumbuhan kredit. Paramater model penelitian atas data panel menggunakan regresi dengan bantuan Eviews 8 dan model analisis jalur (Path Analysis), untuk menerangkan akibat langsung dan tidak langsung variabel dependen yaitu pertumbuhan ekonomi daerah, variabel independen yaitu rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan variabel mediasi yaitu pertumbuhan kredit. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel terdiri Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia periode 2011-2015 diperoleh sebanyak 26 bank. Sumber data merupakan data sekunder yang diperoleh melalui website OJK, Bank Indonesia, dan website masing-masing bank. Hasil pengujian menunjukkan bahwa H1 dan H2 didukung sedangkan H3 tidak didukung. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan regresi BOPO mempengaruhi pertumbuhan kredit negatif signifikan dengan nilai probabilitas 0.0001 (<0.05), demikian juga dengan pertumbuhan kredit yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara positif dan signifikan dengan nilai probabilitas 0.0042 (<0.05). Hasil pengujian Path Analysis pengaruh BOPO terhadap pertumbuhan ekonomi daerah yang dimediasi pertumbuhan kredit menunjukkan secara tidak langsung atau dengan dimediasi oleh pertumbuhan kredit memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan, yang tidak mendukung H3 . Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pertumbuhan Kredit, BOPO.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Dec 2017 13:06
    Last Modified: 09 Dec 2017 13:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36793

    Actions (login required)

    View Item