PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Atas Persepsi Pegawai Bagian Keuangan Dan Bagian Sistem Informasi Akuntansi Di Dinas-Dinas Daerah Kabupaten Karanganyar)

Cahyanto, Adi (2017) PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Atas Persepsi Pegawai Bagian Keuangan Dan Bagian Sistem Informasi Akuntansi Di Dinas-Dinas Daerah Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (793Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kapasitas sumber daya manusia, penerapan sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan. Pada Penelitian ini dilakukan di 15 Dinas yang berada di Kabupaten Karanganyar. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai bagian keuangan dan bagian sistem informasi akuntansi yang bekerja di dinas-dinas daerah Kabupaten Karanganyar. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan kapasitas sumber daya manusia, penerapan sistem informasi akuntansi, dan sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Hasil koefisien determinasi (Ajusted R2) sebesar 0,710, Hal ini berarti variabel-variabel independen meliputi kapasitas SDM, penerapan sistem informasi akuntansi, dan sistem pengendalian internal mampu mempengaruhi kualitas laporan keuangan sebesar 71% sedangkan sisanya sebesar 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kapasitas sumber daya manusia, penerapan sistem informasi akuntansi, sistem pengendalian internal, kualitas laporan keuangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 08 Dec 2017 23:14
    Last Modified: 08 Dec 2017 23:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36772

    Actions (login required)

    View Item